Urutan Tiap Traffic Light Koq Berbeda?

Bro, pasti tau yang namanya lampu stopan a.k.a traffic light…ya iya lah, anak kecil juga tau kali hihihihi….nah, ini ada sedikit tulisan yang sebenarnya menjadi pertanyaan saya. Coba mas bro amati ketika ada lampu merah, bagaimana pergiliran lampu merah untuk ruas jalan di perempatan atau pertigaan tersebut!?

Ambil contoh di Kota Situbondo. Jika kita melintas di dalam kota dari arah Surabaya menuju Banyuwangi, ketika masuk dalam kota, mas bro akan melewati paling tidak 3 stopan. Stopan pertama di perempatan RS Elizabeth, jika terus ke timur akan menemui stopan lagi di daerah alun-alun kota kemudian jika ke timur lagi akan bertemu dengan stopan di pertigaan STM Daerah.

Stopan RS Elizabeth. Nomor merupakan urutan lampu merah

Jika saya perhatikan, untuk stopan pertama di RS Elizabeth, arah urutan atau giliran lampu merahnya adalah ruas jalur barat – timur – selatan – utara. Jadi jika jalur barat hijau, giliran hijau berikutnya adalah timur kemudian jalur selatan dan utara yang terakhir. Menurut saya, urutan seperti ini banyak yang sama di daerah lain, sisi baiknya adalah untuk jalur barat dan timur atau utara dan selatan akan lebih safety, karena arus akan berhadapan so, bisa lebih waspada terhadap kemungkinan tubrukan. Namun, saat dari jalur timur ke selatan ini yang riskan karena pandangan dari selatan harus menoleh ke timur, Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak pelanggar stopan yang suka nyelonong, jadi harus ekstra waspada jika dari arah selatan, demikian juga dari utara setelah jalur barat.

Stopan Alun-Alun. BErbeda urutan dengan Stopan RS Elizabeth

Stopan yang kedua, alun-alun kota. Nah, disini urutan lampu merahnya berbeda dengan yang pertama. Arahnya adalah barat – timur – utara – selatan. Jadi bedanya setelah lampu hijau dari arah timur, jika stopan pertama selatan, maka stopan kedua ini arah utara yang hijau. Kenapa bisa berbeda ya? apakah memang bebas menentukan arah pergiliran stopan atau ada kesalahan?

Stopan STM Daerah. Cuma pertigaan

Lalu, stopan ketiga berupa pertigaan dan urutannya adalah barat – selatan – timur. beda lagi bukan? hehehe…. Di stopan ini yang rawan adalah jika lampu hijau dari selatan, akan memotong jalur dari timur.

Berdasarkan fakta di atas, berarti untuk traffic light dalam kota Situbondo mempunyai urutan stopan yang berbeda, paling tidak di 3 stopan tersebut. Pertanyaannya adalah apa ada aturan khusus tentang arah giliran lampu stopan? Bagaimana dengan tingkat keamanan lalu lintas dengan arah stopan seperti di atas? Urutan atau pergiliran mana yang terbaik?

So, bagaimana di kota mas bro sekalian? apakah sama dengan yang saya amati di kota saya atau berbeda? monggo di share

Semoga barmanfaat!!

Advertisements

7 Comments

  1. searah putaran jarum jam/kebalikanx mnurut gw lbh baik,,,

    yg ga safety itu spt perempatan lengkol (bontang),, lampu ijo,oren atw merah dr sblh TIMUR & BARAT (jalur bersebrangan) nyala nya barengan,jd kl lmpu ijo,masing2 arah saling mmotong jalur,,,kacau ga tuh,,ini tanda kurangx perhatian pemerintah thadap fasilitas lalin,,smpe skrng msh gitu2 aja…

Comments are closed.