About these ads

Kurikulum Baru 2013, Kemendikbud Ambil Alih Pembuatan Silabus Pelajaran….Aseeekkk!!!

Silabus Pelajaran Biologi MA

Silabus Pelajaran Biologi MA

Pemerintah atau Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) akan mengambil alih pembuatan silabus pada kurikulum 2013. Alasan silabus akan disusun oleh Kemendikbud karena pelaksanaan kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di lapangan selama ini masih kedodoran. Ini disebabkan oleh kemampuan guru yang beragam dalam membuat silabus.

Itu tadi adalah cuplikan berita yang saya baca dari media berita online kompas.com. Ternyata, perubahan kurikulum tahun 2013 juga berdampak terhadap guru, terutama dalam hal persiapan guru dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Silabus merupakan kerangka materi ajar yang disiapkan sebagai acuan guru untuk mengajar selama setahun ke depan. Silabus seharusnya dibuat oleh guru ketika tahun ajaran baru akan dimulai. Namun pada kenyataannya tidak semua guru mampu dan mau membuatnya sendiri. Tidak jarang copas dan download dari internet dilakukan dari pada membuat sendiri yang parahnya terkadang sumber silabus tersebut berbeda-beda.

Jadi, ketika pemerintah memiliki rencana untuk menyeragamkan silabus untuk setiap mata pelajaran secara nasional, jelas ini adalah kabar baik. Selain untuk mengurangi beban guru juga menyeragamkan persepsi antara pemerintah dalam hal ini kemendikbud sebagai pemangku kebijakan dengan ujung tombak pendidikan di garda depan, sekolah dan guru.

Kenapa saya bilang mengurangi beban guru? Jika brosis berkecimpung langsung di dunia pendidikan, brosis akan mengerti bahwa tanggung jawab dan tugas guru sangat berat. Tugas utama guru sebenarnya menciptakan generasi muda yang intelek dan berbudi luhur. Nah, terkadang tugas yang berat itu masih harus ditambah dengan urusan administrasi semacam membuat silabus, padahal kalau mau jujur silabus adalah bentuk keinginan pemerintah untuk mengarahkan kemana anak didik akan dibentuk yang teraplikasikan dalam materi-materi pelajaran. Pertemuan pertama bab ini, selanjutnya bab itu, semester ini materinya sampai sini, kelas ini materi pelajarannya hanya sampai bab ini, dll. Jadi, guru sebenarnya tinggal mengikuti apa maunya pemerintah, karena mereka yang punya kebijakan. Nah, dengan guru masih direcokin membuat silabus, akan timbul persepsi macam-macam, walaupun sebenarnya ada berbagai forum guru yang berusaha meminimalisir perbedaan itu, tetapi seperti yang pemerintah bilang kemampuan tiap guru di tiap daerah tidaklah sama.

Sebenarnya, kalaupun pembuatan silabus telah diambil alih kemendikbud, toh guru masih punya kerjaan yang tak kalah bertanya terkait silabus ini, yaitu pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Disinilah sebenarnya kemampuan guru diuji dalam hal menterjemahkan kemauan silabus dengan kondisi terkini anak didiknya. Karena RPP merupakan bentuk strategi guru untuk menyampaikan materi ajar ke anak didiknya dengan memahami terlebih dulu kemampuan si anak didik. Bisa jadi RPP bab yang sama didaerah saya tidak akan sama dengan yang di Jakarta, karena kemampuan anak didik jelas berbeda.

So, saya secara pribadi maupun sebagai guru (walau belum pantas disebut guru) setuju-setuju saja silabus dibuatkan oleh kemendikbud, asal RPP tetap guru yang membuatnya.

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

Posted from WordPress for BlackBerry.

About these ads

About Karis Mauyy

Suka Yang Simpel

Posted on December 27, 2012, in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 17 Comments.

  1. dibuat standar nasional

    Like

  2. Nah gitu dong, jangan kemendikbud jangan mau enaknya saja, nggak ada kerjanya…

    Like

  3. ane juga pernah dapet proyekan garap silabus, ada yg nyuruh bikinin ke ane :D khususnya guru2 sepuh yg (maaf) agak gelagapan ama komputer. mayan sih ane bikinin berbekal input sana-sini. jadilah silabus yg ternyata terbaik di sekolahnya…

    Like

  4. yang penting sesuai dan bisa diaplikasikan ke seluruh sekolah, karena keadaan di masing2 daerah berbeda2. apa pun asal buku penunjangnya bener seragam dan oke, kurikulum gak akan masalah.

    Like

  5. tanpa dibuat mereka, kita juga sudah buat sendiri koq.
    tapi kalau udah dibuatin, yaaa lebih senang lagi.
    tugas sedikit ringan, jadi ada waktu buat ngerjain tugas lain bukan

    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/12/tempat-dimana-honda-k18-berlabuh.html?m=1

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: