About these ads

Ketika Produk Baru Lebih Murah Dari Yang Lama, Untung Atau Rugi?

Yamaha Xeon 125cc

Yamaha Xeon 125cc

Brosis, tingkat persaingan produk-produk roda dua semakin ketat, terutama produknya Honda dan Yamaha. Dua produsen terbesar yang bermain di tanah air ini seolah-olah sudah ditakdirkan untuk menjadi rival sengit. Konsumen jelas diuntungkan karena persaingan akan mengharuskan mereka menghasilkan produk-produk terbaik dengan harga terbaik pula. Tak jarang produk-produk anyar yang memiliki teknologi dan fitur lebih tinggi dari yang lama memiliki banderol harga “hanya” sedikit lebih mahal, yup hanya sedikit di kisaran ratusan ribu, padahal “harga” teknologi dan fitur itu termasuk mahal.

Bahkan, hal sedikit berbeda dilakukan Yamaha. Teaser produk baru tapi lama, Yamaha Xeon sudah muncul, tak lama lagi akan segera diluncurkan, bisikan dari teman-teman jatimotoblog di tanggal 9 Januari. Yang berbeda adalah harga Xeon baru yang sudah mengusung teknologi injeksi, YMJET-FI, disinyalir lebih murah dari Xeon lama yang masih karbu. Woww…apa yang akan terjadi?

Teaser Yamaha Xeon Baru

Teaser Yamaha Xeon Baru

Jika ini kabar baik bagi calon konsumen yang hendak memboyong skutik 125cc karena lebih murah, maka boleh jadi ini sekaligus kabar buruk bagi pemilik Xeon lama. Mereka jadi berpikir “berarti Xeon gw ini overprice dunk, masa yang baru dan lebih canggih justru lebih murah, apa kata dunia?”. Sayangnya sih dunia tidak berkata apa-apa tuh hehehe… Dan kemungkinan itu besar terjadi. Perasaan pemilik Xeon lama akan tercederai.

Sebenarnya sah-sah saja strategi itu dilakukan Yamaha, karena pesaing berat Xeon 125 yaitu Vario Techno 125 PGM-FI memiliki banderol lebih murah (15,1 -15,9 juta). Bandingkan dengan harga Xeon lawas yang menyentuh level 16 juta. Jadi, Yamaha nampaknya memilih memotong marjin keuntungan menjadi lebih kecil dengan harapan itu bisa tertutupi dengan penjualan yang secara kuantitas meningkat. Tapi, itu semua masih wacana brosis, lha wong produk anyarnya saja belum resmi di launching pun harga resminya tentu saja juga belum terpapar, lebih murah atau sama atau lebih mahal??

Produk baru lebih murah dari produk lama yang sejenis? Kenapa tidak….it’s a bussiness brosis!

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

About these ads

About Karis Mauyy

Suka Yang Simpel

Posted on January 5, 2013, in Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 14 Comments.

  1. yang pasti ada yang ditambah ada pula yang dikurangi mas….. makanya harganya ga selisih jauh…. dan hampir semua pabrikan menerapkan hal ini….

    Like

  2. Waaahhhh…
    Yok opo getun’é Mario, Xeon lawas karbu kalau lebih mahal :D

    Dani Pedrosa,
    Pebalap terbaik 2012 versi Crash.Net

    http://nyobamoto.com/2013/01/05/polling-di-crash-net-menempatkan-dani-pedrosa-sebagai-motogp-rider-2012/

    Like

  3. xeon karbu owner kecewa

    Like

  4. apa yg ga dalam dunia bisnis… apapun dilakukan demi meraup untung… tanpa memperdulikan perasaan yg udah terlanjur beli versi karbu…

    ijin share ilmu jadi guru…

    http://ulidblog.wordpress.com/2013/01/05/seri-guru-jadwal-pelajaran-itu-penting-loh/

    Like

  5. Memang seharusnya produk baru lebih murah..karena teknologi udh Semakin canggih…jualan motor skrg udh kyk jualah hp..

    Like

  6. yamaha baru sadar sekarang ( tepok jidat ) jaman udah maju gini masih kasih harga overpreet plus produk produk standar, kalau saya bilang sih gak tau malu, image kuat di moto gp kasih produk ke indonesia begini begini aja, piye too para petinggi yamaha yg sekolahnya s1, s2, s3 lama lama jualan es lagi

    Like

  1. Pingback: Produk Baru Yamaha Turun Harga!! « rideralam | In My Mind

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: