About these ads

Modifikasi Headlamp Si Pio Dengan Skotlet, Murah Meriah!

Si Pio a.k.a. New Scorpio Z 225

Si Pio a.k.a. New Scorpio Z 225

Kali ini bahas tentang si Pio ah, sudah lama juga tidak utak-atik teman sehari-hari saya ini. Well, semua mungkin sudah paham dan ngeh jika si Pio ini punyak banyak sekali hater alias pencaci maki yang saya yakin mereka tidak suka dengan generasi teranyar Scorpio ini. Mulai dari shock yang ambles katanya hingga headlamp yang mirip salah satu karakter di film star wars, Klingon yang memiliki mata ketiga di dahi. Bagian-bagian itulah yang sering menjadi sasaran haters hehehe….

Saya pribadi sih tidak menyalahkan mereka hanya menyayangkan saja, sampai segitunya sih membenci nih motor, padahal belum tentu juga bisa buatnya, dan itu fakta! Nah, kekurangan-kekurangan yang dimiliki Si Pio sebenarnya masih bisa diakali dengan sedikit kreativitas. Misalnya untuk “fitur” shock ambles cukup dengan mengganti arm relay atau connecting rod pada sistem link Si Pio. Dan itu sudah saya lakukan, hasilnya hingga 2 tahun ini “fitur” itu sama sekali sudah hilang dari Si Pio. Berikutnya yang baru saya lakukan adalah “mendandani” sedikit bagian headlamp.

Headlamp Si Pio sebenarnya menurut saya unik dan tidak umum, yaitu adanya lampu senja yang berada di atas lampu utama dan didesain mirip mata ketiga. Itu membuat saya suka dengan headlamp Si Pio. Namun sayang ada satu bagian dari headlamp ini yang merusak pemandangan, yaitu garis desain lampu utama bagian bawah yang jika dilihat dari depan terlalu lebar alias kurang lancip. Jadi, terkesan “wajah” Si Pio kurang sangar dan agak “nrimo”. sadar akan kekurangan itu sempat terlintas untuk mengganti dengan headlamp Byson yang terlihat gahar, tetapi karena budget terbatas niat itu diurungkan.

Cukup ganti ConRod, Fitur Ambles Hilaanggg

Cukup ganti ConRod, Fitur Ambles Hilaanggg

Sampai kemarin, akhirnya ada ide untuk menggunakan kertas skotlet menutupi sedikit bagian bawah headlamp dan dibuat menjadi lebih runcing. Sebenarnya ide ini sudah lama juga sih nongol di kepala, waktu itu melihat headlamp NMP di jalan yang sangar, dan ternyata itu dilakukan dengan memberi skotlet, tetapi baru kemarin niat itu direalisasikan. Akhirnya dengan bantuan adik sepupu, kita buka batok lampu depan Si Pio dengan kunci L dan memisahkannya dengan lampu sein kanan dan kiri. Setelah terlepas, mulailah dikarang desain seperti apa yang diinginkan. Gunting sana-sini kertas skotletnya, tempelkan ke kaca headlamp, dibuat se simetris mungkin antara kanan dan kiri. Dan setelah 30 menitan, “proyek” kecil-kecilan ini selesai. Beginilah penampakannya….

Wajah Si Pio Lebih Gahar dengan modifikasi murah meriah

Wajah Si Pio Lebih Gahar dengan modifikasi murah meriah

Lumayan sedikit merubah “wajah” Si Pio menjadi lebih lancip tidak memble lagi apalagi mirip sinchan. Total biaya hanya 9000 rupiah, 3000 beli kertas skotlet dan 6000 buat es degan hehehe…. jauh lebih murah jika menggantinya dnegan headlamp Byson yang di kisaran 300 ribuan.

So, modifikasi ternyata tidak harus mahal lho, asal mau sedikit capek dan melihat sekeliling, insya Allah kita bisa mengambil ide dari manapun demi mempercantik tunggangan biar makin sayang tuh.

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

About these ads

About Karis Mauyy

Suka Yang Simpel

Posted on January 11, 2013, in Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 20 Comments.

  1. wih jadi ganteng euy…
    salam kenal bro….

    Like

  2. “Saya pribadi sih tidak menyalahkan mereka hanya menyayangkan saja, sampai segitunya sih membenci nih motor, padahal belum tentu juga bisa buatnya, dan itu fakta!”

    Paling setuju sama pernyataan ini..
    Btw, lebih gahar Pio nya bang..
    Mantabs.. :D

    Like

  3. pelita bandung raya

    mantep emang creativitas itu keren

    Like

  4. tatapannya jd lebih ajib dan tajam :D

    Like

  5. Bro, kalo mau bis alebih sangar lagi, buat skot lite nya lebih lebar lagi dan bentuk seperti helm parjurt romawi yang menyisakan penampakan lamput mirip huruf T. beberapa byson sdh ada yg dimodif begitu, saya rasa di pio bisa jg

    Like

  6. wah..keren jg nieh…
    Oya,ni pio top speed nyampe brp bro?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: