About these ads

Double Shock Lebih Dipilih Daripada Monoshock, Kenapa Ya?

Monoshock Si Pio

Monoshock Si Pio

Brosis, selera tiap orang itu bisa jadi berbeda antara satu dengan yang lainnya. Termasuk dalam memilih tunggangan selera tidak bisa dipaksakan sama dan tidak bisa juga untuk dipaksakan mengikuti trend. Ada contoh menarik tentang topik selera terhadap motor, yaitu teman kantor saya. Doi dalam memilih motorsport alias motor batangan ternyata lebih menyukai yang stereo shock alias shock belakang yang masih dobel. Padahal trend motor sport saat ini adalah ke arah single shock alias monoshock. V-ixion, Byson, New Scorpio, NMP, Ninja series hingga yang teranyar si “kembar” CB150R dan New V-Ixion juga sudah mengaplikasikan monoshock.

Kebetulan saat ini doi sedang mempertimbangkan untuk membeli motor batangan. Ketika melihat si pio, doi sebenarnya suka karena tongkrongan si pio yang gede (maklum doi juga termasuk jumbo kayak saya :D), pun demikian dengan Byson, namun sayang karena monoshock maka kedua motor sport itu tidak masuk dalam pertimbangan. Sebenarnya doi mengincar Mega Pro Primus produksi 2009 yang kata doi “elegan dan oke”. Tahu dong kenapa doi bilang begitu? yup…karena dobel shock yang menyangga bodi bagian belakang.

Namun, karena Mega Pro tersebut sudah didiskontinyu, artinya tidak ada unit barunya, maka doi mengurungkan niatnya untuk meminangnya, alasannya ketinggalan jaman. Saya sempat menyodorkan nama NMP, sayang langsung doi tolak mentah-mentah, selain faktor monoshock ternyata bagian headlamp hingga shorud yang kegedean menjadi biang keladinya, doi tidak suka.

Pulsar 180 DTS i. Double Shocknya Disuka

Pulsar 180 DTS i. Double Shocknya Disuka

Nah, akhirnya saya perlihatkan gambar Pulsar 180. Dobel shock, dimensi bodi yang besar (apalagi ketika itu kebetulan ada P180 yangs edang lewat) doi langsung suka. Akhirnya doi dengan mantabs menjatuhkan pilihan ke motor buatan Bajaj ini, walaupun hingga kini belum membelinya juga, nunggu duitnya kumpul katanya hehehe…

Saya jadi penasaran kenapa doi lebih suka yang dobel shock dibanding monoshock, padahal lebih stylist monoshock dibanding yang dobel, dan ternyata doi mengatakan kalau dobel shock berarti yang menyangga bodi motor ada dua, secara logika dua lebih kuat dari satu. jadi, doi suka dengan dobel shock karena asumsinya lebih kuat dibanding yang monoshock. Secara logika memang benar sih dan masuk akal. Saya jadi ingat dengan seorang teman yang memiliki old vixi, ketika di bawa ke medan jalan yang makadam dan sirtu (pasir batu) di wilayah Kayumas Situbondo, monoshocknya patah. Sekarang akhirnya dia ganti “melihara” Kawasaki KLX 150. Ada pelajaran yang bisa dipetik, yaitu gunakan motor sesuai dengan peruntukannya dan sesuai dengan habitatnya.

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

About these ads

About Karis Mauyy

Suka Yang Simpel

Posted on January 16, 2013, in Otomotif and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. lebih kuat, tahan banting, apa lagi bila tiap hari
    melalui jalan rusak, bergelombang dll.
    double shock lebih mak nyuuuuuus lah!!!!!

    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/p200ns-bakal-banyak-yg-jinjit-neee.html?m=1

    Like

  2. kalau matic, sy lebih sreg yg double
    makanya sy lebih melirik Hayate, tapi yg Injeksi
    Apalagi klo Nouvo SX masuk indo, waaaa kagak nahan

    Like

  3. sip ajib,.. perlakukan dengan baik :D

    Like

  4. Shock mono juga kuat bila punya motor SE atau ganti modif dalamannya pakai punya mobil per nya asli motor, ok lho, saya pakai pulsar200 & glpro neo, ok ngak ada keluhan dari baru

    Like

  1. Pingback: Honda Verza150 Canggih Tapi Murah, Justru Diragukan! | RiderAlam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: