About these ads

Menanamkan Safety Riding Kepada Anak Didik, Harus Praktik Langsung (Rencana Ajar Materi Ajar Keselamatan Berkendara Di Jalan Raya)

Pendidikan Kelestarian Lingkungan Hidup (PKLH) termasuk Muatan Lokal

Pendidikan Kelestarian Lingkungan Hidup (PKLH) termasuk Muatan Lokal

Sedikit flashback ke pekerjaan. Ketika pertama kali ditawarkan untuk mengajar di sekolah RA sekarang, mata pelajaran yang diasuh termasuk baru, yaitu Kelestarian Lingkungan Hidup (KLH) yang dikelompokkan dalam muatan lokal. Waktu itu tahun 2009, pelajaran KLH baru pertama kali diadakan di sekolah itu, sebuah inisiatif dari kepala sekolah waktu itu yang sangat concern dengan kemajuan sekolah dan lingkungan (saat ini beliau sudah menempati pos nomor dua di sebuah kementerian di kota Situbondo, terima kasih pak!). Sebuah tantangan yang RA pikir waktu itu akan sangat berat.

Bisa dibayangkan, itu adalah pengalaman pertama mengajar, jelas RA belum apa-apa dibanding teman-teman yang sudah lebih dulu di sana. Sudah gitu, mata pelajaran yang dipegang juga baru pertama kali, jelas tidak ada perangkat pembelajaran yang bisa RA “contek” dari teman-teman senior hehehehe…. (ketahuan deh… :D). Ditambah, belum ada garis besar materi yang akan disampaikan (kala itu hanya mengandalkan om gugel untuk “mencontek” bahan ajar dari sekolah-sekolah lain di luar kota), alhasil sampai tahun ajaran lalu, materi ajar KLH tidak tetap alias selalu berubah-ubah. Namun, di sisi lain kekurangan tadi justru menjadi sebuah kelebihan bagi RA, yup…dengan garis besar materi yang belum se-saklek mata pelajaran yang secara tradisional sudah ada (IPA, IPS, Matematika, dll) merupakan kesempatan bagi RA untuk improvisasi materi ajar, termasuk bebas memasukkan unsur materi apa saja selama masih berhubungan dengan kelestarian lingkungan.

Kelestarian lingkungan adalah prioritas semua orang

Kelestarian lingkungan adalah prioritas semua orang

Materi yang biasanya selalu RA sampaikan “hanya” tentang Pencemaran Lingkungan, Ekosistem dan AMDAL (analisis mengenai dampak lingkungan), selain tiga materi itu praktis berubah-ubah. Nah, berhubung RA nge-blog terutama bahas otomotif, maka sejak tahun lalu ada materi tentang keselamatan berkendara yang RA sisipkan. Materinya tidak jauh dari UU No. 22 Tahun 2009 tentang tertib lalu lintas. Namun, tahun lalu hanya sebatas memberikan materi teori di kelas, “begini bunyi pasal ini, jika melanggar sanksinya adalah begitu” kurang lebih seperti itu. Jadi, hampir bisa dipastikan paling hanya sekitar 20-30% anak didik yang benar-benar paham dan mempraktikkan, sisanya mbuh….

Nah, tahun ini terutama semester dua ini RA ada rencana untuk tetap memberikan materi tersebut dengan penambahan praktik di luar kelas. Sebenarnya, RA masih bingung detilnya apa yang akan diamati oleh anak didik ketika praktik di lapangan (pinggir jalan raya). RA punya gambaran kasar, anak didik secara berkelompok ditugaskan untuk mengamati kendaraan terutama roda dua (sepeda motor) di beberapa ruas jalan sekitar sekolah (satu kelompok satu ruas jalan). Yang diamati adalah kelengkapan motor yang melintas, termasuk dari si pengemudinya (tetapi cukup hanya melihat tidak perlu memberhentikan, bukan Polisi soalnya :D). Tiap-tiap anak didik diberi sebuah lembar pengamatan yang berisi hal-hal yang termasuk melanggar aturan dalam UU No. 22 Tahun 2009.

Ini kira-kira poin-poin yang akan mereka amati:
1. Jumlah Spion terpasang (1 atau 2 atau 0)
2. Lampu depan (menyala atau mati)
3. Lampu belakang (merah atau putih atau warna lain)
4. Ban (standar atau sangat kecil) ——> ini yang susah parameter kecilnya
5. Bunyi knalpot (standar atau memekakkan telinga) ——–> ini juga sangat subyektif
6. Jumlah penumpang termasuk yang nyetir (satu atau dua atau lebih dari dua)
7. Helm (pakai atau tidak pakai)
8. Jenis helm (open face atau full face atau cetok)
9. dll (RA harap brosis bisa tambahkan jika ada saran atau ide lain)

Well, poin-poin pengamatan di atas adalah yang ada di kepala RA yang nantinya akan diberikan ke anak didik. Jadi, biar selama pengamatan mereka bisa cepat kerjanya, RA akan membuat semacam tabel atau kuisioner yang nantinya anak didik hanya tinggal beri tanda saja (centang atau lingkari atau silang) sehingga lebih mudah dan cepat. Maklum, anak sekarang banyak manjanya, maunya serba gampang :D. Brosis yang punya ide untuk menambahkan poin-poin di atas jangan sungkan-sungkan urun pendapat, RA akan sangat senang dan sangat menghargai apapun idenya yang penting masuk akal dan nyambung dengan materi. Sebelumnya, RA sampaikan terima kasih. RA berharap, semoga materi dan praktik di atas sedikit banyak bisa memberikan pengetahuan tentang begitu pentingnya menjaga keselamatan diri dan orang lain selama berkendara di jalan raya.

Aku dan Bumiku Sehat. Poster dari http://inarotutdarojah.blogspot.com

Aku dan Bumiku Sehat. Poster dari inarotutdarojah.blogspot.com

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

About these ads

About Rideralam

Suka Yang Simpel

Posted on March 28, 2013, in Kelestarian Lingkungan, Pendidikan, Safety Riding and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. -» kaki pakai sepatu, sandal atau ga pakai alas kaki.

    Like

  2. sip ajib ,.. perlu contoh

    Like

  3. joss, jadilah contoh yg benar buat anak kita nanti, supaya kelak lebih baik dari kita

    Like

  4. yup, bagus sekali pak RA, btw ngajar di SMP/SMA?
    kalo bisa pokok poinnya jangan banyak-banyak. misal cukup pada :
    -spion
    -knalpot
    -lampu
    -helm
    -boncengan
    itu saja, karena kalo banyak-banyak bakalan mempersulit siswa dlm pengamatan karena gak bakal sempat memperhatikan motor segitu detail apalagi kalo ngebut, wuzzzz paling yg dilihat cuma lampu sama helm doang.
    trus hasilnya bikin artikel di blog ya… kali aja bisa dianggep sebagai survey :D

    Like

  5. sing liwat ayu opo ora… sing lewat enek sing jand* po ra.. qiqiqiqiqi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: