Honda Nyontek Yamaha, Bagaimana Hasilnya?

image

RiderAlam.com – Honda dan Yamaha seolah-olah memang sudah ditakdirkan untuk selalu seperti itu, bertarung, bersaing, berkompetisi bahkan saling mencontek. Betul, mencontek!

Bos HRC (Honda Racing Corporation), Shuhei Nakamoto, tak segan bicara β€˜ blak-blakan’ bahwa sudah lebih dari tiga dekade ini, Honda selalu berusaha meniru mesin Yamaha lantaran dianggap jauh lebih baik saat ditunggangi para jokinya saat melintasi karakter tikungan yang cepat. (okezone)

Hasilnya? Sukses. Honda mendominasi MotoGP musim lalu, bahkan mereka sukses mengawinkan gelar juara pebalap dan manufaktur.

image

Apa sih yang dicontek Honda dari rivalnya tersebut?

β€œLebih dari 30 tahun, HRC berusaha membuat mesin seperti Yamaha. Bahkan mesin dua stroke 500cc mereka punya handling yang jauh lebih baik dari Honda. Yamaha masih lebih baik di area ini. Kami berusaha mengembangkannya, tapi tak mudah karena inilah perbedaan terbesar di antara dua motor (Honda dan Yamaha),” lanjutnya. (okezone)

Sebuah pengakuan luar biasa dari “musuh bebuyutan” yang selalu dan selalu bersaing. Jadi, tidak ada yang salah dengan mencontek kelebihan rival untuk kemudian dikembangkan dengan teknologi dan sumber daya sendiri sehingga hasilnya malah bisa lebih baik dari sang rival tadi. Honda sudah membuktikan itu!

image

Dalam lingkup yang lebih kecil, Yamaha juga saat ini nampaknya juga  mencontek strategi rivalnya tersebut, yaitu dalam hal memasarkan produk motornya di pasar Indonesia. Apakah juga akan berhasil, hanya waktu yang bisa menjawab. Lalu, apa sih yang dicontek? Jawabannya ada di artikel ini dan ini, monggo pinarak rumiyen πŸ˜€

Baca Juga:
[display-posts tag=honda]
[display-posts tag=yamaha]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*