Kebutuhan Dasar Survival: Air, Makanan, Shelter dan Api

image
Ilustrasi. Shelter (pic. iniblogpecintalam)

RiderAlam.com – Hai brosis, masih tentang survival series nih. Kali ini melanjutkan artikel kemarin tentang kebutuhan dasar survival: survival kit kebutuhan dasar lainnya yaitu air, makanan, shelter dan api.

Empat kebutuhan dasar tadi mutlak diperlukan selama kita hendak survive di alam. Yuk kita bahas satu persatu, monggo….

AIR
Air merupakan kebutuhan dasar semua mahluk hidup apalagi manusia. 70% penyusun tubuh manusia adalah air. Manusia masih bisa bertahan hidup jika tidak makan selama satu minggu namun tanpa asupan air selama dua hati, insya Allah manusia akan segera menemui Sang Pencipta. Di alam banyak sekali sumber air, tinggal pintar-pintarnya kita mencari dan memanfaatkannya.

Sumber airbisa berasal dari mata air, sungai, air hujan, embun, hasil kondensasi tumbuhan dan air galian tanah, tumbuhan. Sedangkan tumbuhan yang bisa menghasilkan air mmisalnya Rotan, Pisang, Lumut, Akar Gantung dan Kantung Semar

MAKANAN
Makanan diperlukan untuk menghasilkan energi dan pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Nutrisi yang seimbang membuat tubuh tumbuh sempurna. Jadi, sebisa mungkin kita tetap harus makan, walaupun kita tersesat di hutan misalnya. Sumber makanan bisa berasal dari TUMBUHAN maupun HEWAN.

Bagian tumbuhan yang bisa dimakan adalah buah, batang, daun dan akar. Yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi tumbuhan yaitu:
1. Hindari tumbuhan berwarna mencolok
2. Hindari tumbuhan bergetah putih, kecuali sudah dikenal aman
3. Biasakan mencicipi dulu atau oleskan sedikit ke kulit. Tumbuhan yang berbahaya akan menimbulkan efek gatal, merah dan panas
4. Variasikan makanan yang dimakan untuk menghindari akumulasi zat yang buruk. Jangan memakan tumbuhan yang meragukan.

Sedangkan untuk hewan, hampir semua unggas dan ikan bisa dimakan. Begitu juga dengan serangga, reptil dan mamalia. Tinggal pikirkan cara menangkapnya!

SHELTER
Shelter atau tempat tinggal juga tidak kalah penting. Orang berkemahpun pakai tenda, jadi andaikan kita hidup di alam bebas jangan melupakan membuat tempat tinggal. Manfaatkan apa yang disediakan alam, misalnya gua, lubang pohon atau celah dibatu, tenda, plastik, ponco atau dedaunan.

API
Api memiliki banyak manfaat. Menghidupkan api unggun untuk menghangatkan badan sekaligus mengusir hewan liar, bisa juga untuk sumber energi saat memasak. Sumber api bisa berasal dari korek api, lup/teropong, menggosokkan kayu dengan kayu, logam dengan logam atau batu.

So, apakah brosis siap bertualang di alam? Jangan lupakan empat hal di atas ya. Selamat bertualang!

Baca Juga:
[display-posts tag=survival]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

Comments are closed.