Survival: Tips Mencegah Tersesat Saat Pengembaraan!

RiderAlam.comSelama menjelajah atau pengembaraan melewati wilayah-wilayah asing yang tidak pernah kita lewati sebelumnya, tidak menutup kemungkinan kita akan tersesat. Penguasaan medan atau rute yang minim membuat kita berpeluang besar tersesat. Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kejadian tersesat, cekibrot:

image

1. Selalu melapor ke petugas terkait atau orang terpercaya mengenai tujuan perjalanan, jumlah anggota yg ikut dan berapa lama perkiraan waktu perjalanan.
2. Kuasai medan. Selalu mengingat keadaan sekitar dengan 5 panca indera, jika perlu buatkan catatan kecil tentang rute yang kita lewati.
3. Tetaplah berada di jalur yang telah ada dengan memberi petunjuk pada tiap simpangan, mengikatkan tali rafia di pohon misalnya bisa memberikan bukti jejak. Jika kemampuan navigasi kita tidak superior jangan coba-coba buka jalur baru, resiko tersesat bakal besar.
4. Perhatikan objek yang mencolok, mata air, bukit, sungai atau gunung. Usahakan objek tersebut adalah benda yang tidak gampang berpindah, hilang atau berubah bentuk.
5. Pada saat berjalan sesekali tengoklah ke belakang, ingatlah jalur tersebut jika dilihat dari arah berlawanan.
6. Jangan pernah percaya penuh kepada orang lain termasuk kepada pemimpin. Pimpinan rombongan memang menjadi andalan kita melewati medan, namun pemimpin juga manusia tidak selalu benar, maka andaikan ragu dengan keputusannya tidak ada salahnya berikan argumen sehingga bisa dirembukkan bersama.

Nah, itu tadi sedikit tips agar kita tidak tersesat ketika menjelajahi medan baru. Andaikata enam hal di atas sudah dilakukan dan masih saja tersesat, tenang dan jangan panik. Next article kita bahas tentang bagaimana seharusnya sikap kita ketika tersesat. Insya Allah…

Baca Juga:
[display-posts tag=survival]

Artikel Terkait:
[display-posts tag=tips]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

22 Comments

    • Hahahaha…pernah ngalami? Tersesat di mall paling ya sakit hati doang, banyak barang yg pengen dibeli tp duit ga ada….sakiiittt hehehehe

1 Trackback / Pingback

  1. Survival: Perhatikan Ini Jika Tersesat, STOP! | RiderAlam.com

Comments are closed.