Survival: Perhatikan Ini Jika Tersesat, STOP!

RiderAlam.com – Kemarin telah kita bahas tentang cara mencegah tersesat. Nah, kali ini kita lanjutkan lagi bahasan tentang SURVIVAL pada momen kita sudah tersesat. Apa sih yang harus dilakukan kala kita menyadari kalau telah tersesat. Apakah terus berjalan tanpa tahu apa yang ada di depan, atau harus teriak-teriak misalnya untuk mengundang perhatian orang (kalau ada), atau bagaimana? Yuk, cekibrot.

image

Ketika kondisi kita sudah tersesat, ada empat hal yang harus kita ketahui dan kita lakukan. Keempat hal tersebut akan meminimalisir efek yang lebih buruk dari tersesat, makin dalam tersesatnya misalnya. Nah, ini dia empat hal tersebut yang bisa disingkat menjadi STOP:

S – Seating
Berhenti dan beristirahat dengan santai, hilangkan kepanikan. Ini penting untuk dilakukan pertama kali ketika kita mulai sadar bahwa kita tersesat. Berhenti akan membuat ketersesatan kita tidak makin parah sehingga bisa semakin sulit menemukan jalan keluar.

T – Thinking
Berpikir secara jernih (logis) dalam situasi yang sedang dihadapi. Selagi berhenti, istirahatlah dahulu menenangkan pikiran agar bisa berpikir jernih sehingga bisa ambil keputusan yang logis. Keputusan yang diambil dari sebuah pikiran yang jernih akan lebih mendekati kebenaran dibanding yang grasa-grusu.

O – Observation
Melakukan pengamatan atau observasi medan di lokasi sekitar, kemudian tentukan arah dan tanda-tanda alam yang dapat dimanfaatkan atau dihindari, sehingga kita bisa mencari jalan keluar dengan benar.

P – Planning
Buat rencana dan pikirkan konsekuensinya sebelum diputuskan. Diam sudah, berpikir logis sudah, pengamatan medan juga sudah dilakukan, maka saatnya membuat rencana langkah selanjutnya. Rencana ini pastinya berhubungan dengan langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya, diam di tempat menunggu bantuan atau melangkah terus sembari melakukan navigasi untuk berusaha keluar dari ketersesatan? Yang jelas, rencana tersebut harus dipikir secara matang segala kemungkinan resikonya.

Tersesat? Tenang, jangan panik dan segera kuasai medan, ambil keputusan dengan bersandar pada pikiran yang jernih. Ok?!

Baca Juga:
[display-posts tag=survival]
[display-posts tag=tips]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

Comments are closed.