Survival: Belajar Navigasi Dari Alam

RiderAlam.com – Berpetualang di alam bebas memang menyenangkan. Bercumbu dengan udara segar bermandikan sinar matahari yang keluar di sela-sela dedaunan membuat pikiran ini melayang betapa besar dan indah ciptaanNYA.. Rasa syukur akhirnya semakin merasuk ke dalam sanubari.

image

Berjalan di alam terbuka tidak akan lepas dari skill satu ini, navigasi atau menentukan arah mata angin.. Skill navigasi diperlukan guna menuntun kita menuju arah yang sesuai dengan tujuan awal. Tanpa skill navigasi, sulit rasanya kita untuk bisa mencapai tujuan perjalanan dengan cepat dan benar alias tidak tersesat.

Ada banyak cara menentukan arah mata angin. Yang paling mudah tentu saja dengan menggunakan alat navigasi bernama kompas. Namun, bagaimana jika kita tidak memiliki alat navigasi seperti kompas? Tidak usah kuatir, lingkungan sekitar kita, alam dan isinya sudah menyediakan “alat” navigasinya sendiri. Yuk, kita belajar navigasi dari alam.

1. Tanda-tanda alam yaitu matahari, bulan dan rasi bintang.
Pasti brosis sudah paham tentang arah mata angin dengan melihat matahari dan bulan. Matahari terbit dari timur, tenggelam di barat, demikian sebaliknya dengan bulan. Rasi bintang ada 4, kalau RA pribadi cukup satu rasi bintang yang perlu diingat, yaitu rasi bintang pari yang berwujud layangan. Terlihat susunan bintang menyerupai bentuk layangan di langit berarti itulah arah selatan.

2. Tanda-tanda buatan yaitu masjid dan kuburan.
Masjid menghadap ke timur, kuburan menghadap utara-selatan.

3. Kompas sederhana
Meletakkan jarum/silet di atas permukaan air. Arah jarum atau silet akan seperti jarum di kompas, selatan-utara.

4. Mengamati flora dan fauna
a. Tajuk pohon yang lebat menunjukkan arah Barat
b. Arah Barat juga bisa diamati dari batang pohon yang banyak ditempeli lumut-lumutan (Parmelia sp. dan Politrichum sp.)
c. Tumbuhan pandan hutan condong ke timur
d. Sarang semut/lebah terletak di sebelah barat pepohonan

Nah, itu tadi navigasi yang telah disediakan oleh alam sekitar. Tinggal pintar-pintarnya kita membacanya. Bagaimana, menarik?

Baca Juga:
[display-posts tag=survival]
[display-posts tag=tips]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Twitter: @karismapr
e-mail: karis.nsz@gmail.com

Advertisements

22 Comments

  1. saya kalo lihat bintang agak gimana gitu ya,
    kalo lihat rasi bintang layangan kayanya harus pas, kadang rasi itu gerak ke barat, ke timur sesuai rotasi bumi. secara garis besar sih bisa jadi arah selatan, tapi secara tepat agak sulit sih, bisa melenceng sekian derajat.
    tapi kalo biasa ngamatin rasi pasti bisa bedain arah.
    .
    artikel yg bagus mas karis…
    oh iya, arah juga bisa dilihat pada alur pohon, jika ada pohon ditebang maka lihat aja alur yg ada pada potongan pohon itu

Comments are closed.