Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan Bermotor!

image

RiderAlam.com – Saat menulis tentang perhitungan pajak kendaraan bermotor dan denda keterlambatan di awal tahun 2013 lalu, tidak terpikir bahwa topik itu akan menjadi hot topic di blog campur-campur ini. Hingga saat ini, setahun lebih masih menjadi top posts. Respon dari pembaca lumayan banyak, dari kolom komentar hingga bertanya via whatsapp. Rata-rata menanyakan berapa besar denda keterlambatan bayar pajak motor lebih dari setahun.

Jujur, kebingungan juga dengan begitu banyaknya pertanyaan yang rata-rata membutuhkan fast response, fast answer. Maklum, tidak memahami secara detil seluk beluk denda pajak motor. Namun, RA jadi penasaran juga seperti apa sih sebenarnya menghitung denda pajak motor akibat telat bayar.

Via otomotifnet, ada sedikit pencerahan tentang tanda tanya di atas. RA coba share di sini sesuai persepsi dan pemahaman RA sendiri. Mohon koreksinya jika salah.

Unsur denda pajak motor ada dua, yaitu PKB dan SWDKLLJ. PKB adalah Pajak Kendaraan Bermotor sedangkan SWDKLLJ adalah biaya asuransi. Besaran PKB bervariasi tergantung jenis kendaraanya. Sedangkan SWDKLLJ besarnya Rp. 35.000 untuk motor dan Rp. 100.000 untuk mobil.

Biaya keterlambatan PKB telah diatur dalam Peraturan Gubernur DKI No. 168 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor

Arief Susilo, SH, M.Si, Kepala Bidang Peraturan dan Penyuluhan Pajak daerah, Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta kepada otomotifnet.

Dalam Bab VI Tata Cara Pembayaran dan Penundaan Pembayaran, pasal 22 ayat 4 disebutkan Apabila pembayaran pajak dilakukan setelah tanggal jatuh tempo pembayaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dikenakan sanksi administrasi berupa bunga sebesar 2 persen sebulan, untuk jangka waktu paling lama 15 bulan sejak diterbitkannya Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran.

Jadi, telat sebulan maka dendanya adalah 2% dari nilai PKB plus SWDKLLJ. Namun, jika telatnya setahun maka besaran dendanya adalah 2% x waktu maksimal sesuai Pasal 22 ayat 4, yaitu 15 bulan. Jadi, telat setahun sama dengan 2%x15 alias 30% dari nilai PKB plus SWDKLLJ.

Contoh nih, RA ambil nilai pajak Envilan:
PKB = Rp. 280.500,- (biar mudah hitungnya dibulatkan jadi 300.000 saja ya)
SWDKLLJ = Rp. 35.000,-
Telat bayar pajak 2 tahun 3 bulan

Hasil hitungannya:
Tahun 1 => Rp. 300.000 + (30% x Rp. 300.000) = Rp. 390.000
Tahun 2 => Rp. 300.000 + (30% x Rp. 300.000) = Rp. 390.000
Tahun 3 => Rp. 300.000 + ((2% x 3 bulan) x Rp. 300.000) = Rp. 318.000

Jadi, biaya PKB yang harus dibayarkan saat membayar pajak nanti adalah Rp. 390.000 + Rp. 390.000 + Rp. 318.000 = Rp. 1.098.000,-. Biaya di atas belum termasuk SWDKLLJ. Jika SWDKLLJ tiap tahun sebesar Rp. 35.000, berarti nilai di atas tinggal ditambahkan Rp. 35.000 x 3 tahun = Rp. 105.000. Jadi, total denda PKB, SWDKLLJ dan pajak PKB yang dibayarkan adalah Rp. 1.098.000 + Rp. 105.000 = Rp. 1.203.000,- besar bukan?

Makanya, dari pada bayar pajaknya besar gara-gara telat kan lebih enak bayar tepat waktu. Lumayan bisa lebih hemat. So, kewajiban kita bayar pajak kendaraan bermotor maka sebagai warga negara yang baik, bayarlah tepat waktu. Urusan hasil pajak tadi ditilep atau dikorupsi, wallahu a’lam bis showab. Biarkan Yang Maha Tahu membalasnya.

Ada beberapa versi penghitungan denda keterlambatan pajak kendaraan bermotor yang bisa brosis search di gugel. Mungkin saja di tiap-tiap wilayah akan berbeda penghitungannya. Yang RA sajikan di atas adalah berdasarkan peraturan Gubernur DKI Jakarta, boleh jadi tidak sama dengan provinsi lainnya.

Baca Juga:
[display-posts tag=umum]

Silahkan dikoreksi dan dikomentari, semoga bermanfaat!

email: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: rideralam.com & sportupdate5.wp.com

Advertisements

60 Comments

  1. Kalo di stnk tertera berlaku sampai 4/8/2012, tp sampe bulan ini (mei 2014) belum dibayarkan pajaknya, jd telatnya brp th pak?

    Terimakasih

  2. Maaf mas saya mau nanya.
    Saya beli motor skywave 125 th 2008
    Saya cuma dpt BPKB dan Fakturnya
    Trus saya mau bayar pajenya
    PKB Rp.141.000
    SWDKLLJ Rp.67.000
    Motor kluar tanggal 20 bulan desember 2008
    Kira2 klo belum pernah di pjkin itu cara perhitunganya sama atau ada
    dendanya yg lain
    Trimakasih

  3. Klo jatuh temponya tgl libur gmn denda pajaknya gan?
    Motor ane jatuh temponya tanggal 29 Juli 2014, nah kebetulan pas tgl tersebut lg libur hari raya idul fitri kan gan. Gmn tuh gan apa kena denda jg tuh klo ane byar pas tanggal2 dmn bp2/ibu2 yg terhormatnya dah pada masuk kantor lg?

  4. Mf mas bro saya mau tanya? pjak mtr sayd jtuh tmponya tgl 19-09-2014. kra2 lw d byar blan dpan kna dnda 1 thun apa ga? apa skalian aja tar byarnya thn dpang trmkash.

  5. Saya Baru saja bayar PKB di samsat SAMARINDA terlambat cuma 10 hari jtp: 04/10/2014 saya bayar 15/10/2014 pas saya hitung dendanya 34 % lebih ya pokok 154.500 denda 53.100 pokok SWDKLLJ 35.000 DENDAnya 32.000 gara-gara lupa 85.100 dimakan sama SAMSAT, kira2 samsat ditempat saya ini benarngk ya…….

  6. Mau nanya ni…
    kan yang di jadiin contoh telat bayar 2 tahun 3 bulan kenapa pake persentase 30%
    bukannya kalo 2 tahun 3 bulan 27×2%=54%
    atau batas maximal dari kantor samsat cuma sampe 30% untuk yg telat lebih dari 1,5 tahun?
    pencerahaannya dong

    • Mengkutip omongan penulis diatas :
      Jadi, telat sebulan maka dendanya adalah 2% dari nilai PKB plus SWDKLLJ. Namun, jika telatnya setahun maka besaran dendanya adalah 2% x waktu maksimal sesuai Pasal 22 ayat 4, yaitu 15 bulan. Jadi, telat setahun sama dengan 2%x15 alias 30% dari nilai PKB plus SWDKLLJ.

      Ane malah bngung kenapa bikin peraturan telat setahun jadi dibuletin 15 Bulan, kenapa ga 12 aja? -_-

      Mampir gan

      http://www.travel-lover.com

  7. Gan, Thanks postingannya..keren dan bermanfaat.

    mau tanya, tertulis diatas :

    “Apabila pembayaran pajak dilakukan setelah tanggal jatuh tempo pembayaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dikenakan sanksi administrasi berupa bunga sebesar 2 persen sebulan, untuk jangka waktu paling lama 15 bulan sejak diterbitkannya Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran.”

    kalimat ini bukannya artinya : walaupun telat 2 tahun atau 3 tahun, tetep aja dendanya hitungannya 2% x 15 bulan, karena tertulisnnya “untuk jangka waktu paling lama”

    gimana tuh?
    hehehhe
    Thanks gan

    mampir yeee
    http://www.travel-lover.com

  8. saya br aj beli mobil dari klaten, ternyata dah telat pajak 10 bulan. kalo saya mutasi ke bantul, jogja katanya saya hanya perlu pajak th lalu, dendanya ga kena. betul ga gan?

  9. Pak saya mau tanya … Kalau saya mau balik nama STNK mau di jadiin nama sendiri biaya.a berapa ya pak ? Saya di tangerang kota ..
    Motor Vega R 2006 ..
    .
    .
    Dan saya mau tanya mau bayar pajak yang udah mati 4 tahun denda.a kira” berapa ya pak ..
    Mohon di bales .. Terima kasih

      • pak kalau mobil tahun 2008 mati pajak 13/02/2011 pkb 2.145.000 saya kan mesti ganti pelat. bisa minta bantuan itungan kasarnya berapa saya mesti bayar semua denda dan pajaknya kalau bayar sekarang… terimakasih banyak pak atas jawabannya….

        • 2011-2015 berarti telat 4 tahun. Denda 4×25%x2.145.000 = 2.145.000

          Pajak yg mesti dibayarkan = denda + (pkb x 4 thn) + (swdkllj x 4 thn)
          2.145.000 + (2.145.000 x 4) + (swdkllj x 4)

          Kira2 segitu yg harus dibayarkan, tiap tahun nilai pkb kendaraan akan berkurang, jadi nilainya tidak akan twtap 2.145.000

    • pak saya mau tanya mobil saya tahun 2008 matipajak 13/02/2011 pkb2.145.000 kira2 berapa uang yang mesti saya keluari untuk bayar pajak sekarang. mohon di jawab. terimakasih banyak bantuannya pak…

  10. ternyata gini toh . manfaat bgt ni yg bkin info . makasi bgt . kalo tau carannya ya tiap bulan saya bayar

  11. pa klw tlat 3thun tlat y itu krna pemilik mntor y dh pndah/g ktemu itu gmna pa cra pmbayaran pjak y?
    trimakasih

  12. Saya karyawan sehingga biasanya bayar pajak kendaraan di hari sabtu pas libur. Karena hal tersebut, tanggal jatuh tempo saya selalu mundur, misal 2 thn lalu tgl jatuh tempo tgl 25 Juni. Tahun ini jatuh tempo tgl 18 Juni. Dan karena tgl 18 Juni bukan hari libur, maka saya harus membayar tgl 13 Juni (sabtu) artinya tahun depan tanggal jatuh tempo saya mundur lagi.

    Curangnya, bila tahun ini saya membayar tgl 20 Juni, katanya saya telat 2 hari dan akan kena denda 25% dari Total Pajak seperti info di link berikut : http://otosemi.com/cara-mudah-hitung-denda-ketika-telat-bayar-pajak-kendaraan/.

    Tidak adilnya adalah, kalau saya bayar beberapa hari lebih cepat, tidak ada kompensasi, tapi kalau bayar telat 2 hari kena denda 25%. Apa tidak curang ya ????

  13. kalo ngitung pajak proggresif gimana gan? ane bayar pajak njmx taun 2014 di bandung Rp.440.000. kebetulan ini motor ke-dua. Terus waktu ane bayar pajak KTP asli lupa di bawa, dan yang dibawa malah poto kopi-nya. Jadi petugasnya bilang ada biaya tambahan bla bla bla

  14. Stnk am pajak mati mulai tahun 2011.
    Pajak ny 165rb.
    Kalau menghidupi, berapa yang harus saya bayar ?

  15. Waduuh mahal jugaa ya kenaa pajak.y ..
    Buat yang laen jangan smpee telat dah ..
    Pusiing . Ajib informasinya ..

  16. jika memakai logika hukum, pasal 22 tentang tt cara penundaan pembayaran pajak, brpa sangsi administrasi bunga 2% sebulan utuk jangka waktu paling lama 15 bulan. jika penundaan pembayaran pajak diatas 15 bulan ,tentu tetap hitungannya 15 bulan, krna bunyi pasal tsb jelas jelas paling lama hanya 15bln, tidak mengatakan diatas 15 bulan. secara logika jika pajak kndaraan mati 6 atau 7thn. jika dihitung dg cara yg anda jelaskan, mungkin biayanya sudah hampir sama dg harga jual kendaraan tsb, shgga orang tidak akan mau bayar pajak ,lebih baik kendaraannya dijual aja. hukum itu bukan utuk mempersulit atau memberatkan beban rakyat, hukum itu utk meringankan,agar rakyat dg senang hati mematuhi, klo hukum disalah gunakan maka rakyat akan semakin enggan membayar pajak. pada umumnya 98% orang telat bayar pajak ,krn kesulitan ekonomi rumah tangga,tentu orang mendahulukan perut keluarga anak istri, banyak yg bilang jangankan buat bayar pajak ,buat makan sehahari aja keteteran. smg bermanfaat

  17. Pak maaf numpang tanya …

    saya telat membayar pajak motor selama 2 tahun 3 bulan …
    Kebetulan motor saya new jupiter mx 135 keluaran 2013 untuk wilayah tangerang selatan .

    Nah saya ingin membayar pajak .. namun di stnk ada biaya bbn-kb yg nominalnya 1.370.000 ..
    Kalau dijumlah total keseluruhannya 1.690.000 ( tertera di stnk motor )

    Yang jadi pertanyaan saya,

    1. Pada saat membayar pajak pertama kali … apakah total yg harus dibayar segitu ( belum termasuk denda ) atau tidak?

    2. ATAU kita hanya membayar pada kolom pkb dan swdkllj saja?

    Mohon bantuannya 🙂

  18. Maap pak rider saya mau taya.
    Bisa ga memperpajang stnk plat b di tasikmalya dan tlat pjk stnk 2 tahun.. kiraya berapa ya…mio 2009 dan kalau mutasi berapa plat B ke plat Z

1 Trackback / Pingback

  1. 5 Artikel Paling Sering Dilihat Dan Dibaca | RiderAlam.com

Comments are closed.