Saat Performa Sudah 11-12, Desain Menjadi Penentu!

image

RiderAlam.com – Menarik membicarakan perbandingan antara beberapa motor yang sekelas. Bukan sekedar mencari motor mana yang ter… dibanding motor lainnya, namun kita bisa membuat produsen “bekerja keras” menghasilkan produk yang secara desain lebih keren dibanding yang lain. Mengapa? Kita lanjutkan bahasannya.

Seperti yang lagi dibahas oleh mas iwb di artikelnya tentang testride bla bla… di sana disebutkan bahwa testride dilakukan untuk membandingkan motorsport di kelas 150 cc. Sebut saja R15, CBR150R, CB150R, New V-Ixion Lightning dan Satria F150. Yang menjadi perbandingan seimbang adalah R15 vs CBR150R, NVL vs CB150R vs Satria F150.

Berikut kesimpulan dari mas iwb di artikelnya:

Dalam kondisi standart, perbedaan antara SOHC dan DOHC sangat tipis. Performanya 11-12 tidak ada yang menonjol. Kecuali full oprek….mungkin beda cerita. Top speed masih dipegang CBR150R dan YZF R15 dengan 126 km/jam on GPS.

Nah, disinilah kita bisa memaksa produsen untuk “bekerja keras”. Kita kerucutkan ke sport fairing yang lagi ramai, R15 dan CBR150R versi impor (yang lokal kemungkinan tidak terlalu jauh beda). Secara performa sudah mirip, kalau boleh dibilang sama lha wong selisihnya hanya 0,xx. Berarti harus ada item lain yang harus menjadi pembeda keduanya, desain!

Bicara desain, maka bicara selera. Namun, produsen bisa merubah selera konsumen jika mampu menghadirkan desain yang jauh lebih keren. Contoh, saat ini R15 banyak yang memuji memiliki desain keren, dan terbukti dari inden online yang bisa menghabiskan 1500 unit hanya dalam sehari. Sebenarnya ini adalah peluang bagi Honda yang akan menelurkan K45 alias CBR150R Lokal. Buatlah desain yang lebih keren dari R15, bisa tidak?

Belajarlah dari desain CB150R dan NVL!

Baca Juga:

[display-posts tag=sport]

Advertisements

5 Comments

  1. kalo konsumen digiring untuk milih motor yang ter…cepat…gimana jadinya kondisi lalin kita…mending milih yang ter…ganteng aja…jalannya pelan-pelan sambil nebar pesona…

  2. ane rsa klo ahm bkin cbr lokal lebih keren dbnding r15 sulit rsanya mengingat dri dlu smpe skrg yamaha selalu unggul utk disegn motorsport knyataannya loch…ambil aj contohnya cbsf yg dkiranya bkal lbih keren dri vixi tp trnyata gk sesuai hrapan..! ane denger2 cbr lokal ntinya bkal mirip cb300 tp mngkin ukuran sdikit dperkecil mngingat cbr lokal cm 150 cc,.tp klo mng benran cbr lokal mirip cb300 berarti dh kebayangkan disegnya sperti ap dn cba bndingkan dgn disegn r15…mnurut ane klo dri depan mng bgusan cbr lokal tp klo dliat dri samping dn keseluruhannya lbih bgus r15..

Comments are closed.