Banyak 'Kelemahan' R25 Yang Disuarakan, Yamaha Bisa Membungkamnya Dengan Satu Faktor Ini…

ktm indonesia

image

RiderAlam.com – Berbagai sudut gambar R25 sudah bermunculan. Banyak yang bilang motor anyar Yamaha itu keren, namun tidak sedikit pula yang masih menyangsikan kiprah R25 di jagad otomotif roda dua tanah air khususnya di kelas sport 250 cc dimana sudah ada Ninja250FI yang selevel dengan kelas R25. Ninja 250FI sudah terbukti banyak yang menggandrungi. R25?

Seperti yang RA singgung di atas, penampakan R25 dari gambar-gambar yang bermunculan cukup banyak yang menyangsikan kiprahnya. Bahkan, preman Jatimotoblog sudah merangkum beberapa poin dari R25 yang berpotensi bikin konsumen kecewa.

Ada 4 poin yang menjadi perhatian mbah bons di artikelnya, yaitu perbedaan wujud R25 untuk pasar tanah air dan ekspor, perbedaan headlamp (mata kucing vs mata belo), buntut yang kepanjangan serta nihilnya pengaplikasian banana arm.

Sebelumnya, om kobay juga sudah memberikan penilaiannya tentang R25 ini. Ada satu hal yang paling disoroti beliau yaitu suspensi belakang R25 yang masih konvensional alias belum mengaplikasikan model link atau monocross. Bahkan, blogger fenomenal ini mencabut pernyataannya tentang R25 sebagai motor terbaik. Segitu parahkah R25?

RA setuju dengan pendapat kedua blogger papan atas tersebut. Ditambah menurut mas angga, jika dilihat dari foto tampak perbandingan tangki dengan dimensi fairing seperti tidak proporsional. Terlihat bahwa tangkinya kekecilan diapit fairing kanan kiri yang besar dan tebal. What’s wrong with Yamaha?

image

Memang, kita belum bisa menghakimi bahwa R25 jelek atau kurang bagus, karena yang dilihat dan dinilai baru dari gambar bukan wujud aslinya. Namun, belajar dari impresi keluarnya R15 yang nyaris minim ‘keluhan’ dari para blogger, Yamaha memang kudu waspada dengan R25. Jangan sampai kelebihan R25 di sisi performa mesin (klaim Yamaha bahwa R25 lebih powerfull dibanding Ninja 250FI) menjadi sia-sia dengan desain yang ala kadarnya.

Tapi, perlu diingat bahwa bicara desain motor, Yamaha memang cenderung selalu berani memberikan desain out of the box atau nyeleneh dan tidak umum sehingga bagi siapapun yang belum pernah melihat desain tersebut akan cenderung memberikan impresi negatif. Namun akhirnya seiring berjalannya waktu, semakin banyaknya motor tersebut seliweran di jalan maka desain aneh itu menjadi biasa dan malah terlihat eye catching. NVL bisa menjadi contoh.

Andaikan kelemahan dan kekurangan R25 seperti yang dikeluhkan beberapa blogger dan publik di atas memang akhirnya menjadi kenyataan, Yamaha sebenarnya bisa membungkamnya dengan satu faktor yakni harga. Jika Ninja 250FI dan CBR250R sudah berada di level 55 juta lebih bahkan 60 jutaan, maka Yamaha bisa melepas R25 di bawah 50 juta, sebut saja misalnya 48,9 juta. Dan kelemahan-kelemahan di atas akan terabaikan. Imho.

Baca Juga:
[display-posts tag=r25]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

37 Comments

    • setubuh mas brew.. modele elek koyok cbr burung hantu, mending nambah kocek dikit dapet ninin

    • paling joss spion sama spakbor depannya ya… & jenongnya itu haaaHAHAAHA… ikut prihatin 🙁 #kecewaberaad

  1. blm bisa bilang ajib… nanti kl dah keliatan full nya atau liat langsung dah 😀
    tp kl R15 memang udah joss, knp liat R25 blm ada rasa itu ya :mrgreen:

  2. Tinggal dibikin paketan Om…
    mau R25 stok pabrik tampil apa adanya = 47 juta
    mau R25 yg lebih keren = 52 juta
    mau R25 super keren + sdikit tune up = 60 juta…
    encesssss kan…

  3. Ada satu ciri khas dari keluarga YZF R series yang selama ini selalu dipakai mulai dari R125 sampai R1 tetapi hilang/ditanggalkan pada serie R25 ini. Apa itu? Penggunaan rangka delta box berubah ke truss frame.

      • ya jelas mengurangi cost produksilah… konsumen Indonesia kan gampang dibodoh2i, produsen enak aja bilang truss frame lebih ringan efeknya speed sm efisiensi, padahal produsen nambah untung krn biaya produksi berkurang.. hahaa

  4. hmmm…. heran deh… baru spyhot satu dua biji komentarnya sudah terlalu mendalam :mrgreen: yg ini kepanjangan lah, yg itu kekecilan lah, yg ono ketebelan lah…padahal liat secara langsung aja belum, nyobain apalagi heee…. jadi inget dulu NVL dulu buntutnya kepanjangan katanya…. sekarang???? no coment :mrgreen: heee…. just IMHO

  5. kecewaa liat modelnya kayak gitu… ceking gede batok, perpaduan iwak lele & iwak louhan… gmn nih market analyst & designernya??? kayak baru main di Indonesia aja

  6. Mahal dikit ga pp,, yg pentih puass hati,,
    Murah kalo hasil nya kecewa,, yyy ,, ,,,ga lama juall lg,,,

  7. Bagiku ninja 250r adalah design sempurna motor sport, bentuk nya bener2 ga ada tanding, dan kurasa ga akan ada yg nyamai design sebagus itu sampai kiamat, karena ga mungkin ada yg niru design nya ninja bukan? Hail ninja,

  8. comment aja tau…kalo gak suka gausah beli…mau motor bagus??? beli motor cc besar langsung..ngapain beli cc 250… gak syukur kali kalian..terlalu jelek headlampnyalah,suspensinya masih monocrosslah,tangkinya gak cocoklah,harganya murah untuk menutupi kelemahannya???bro??produk kereta atau mobil kalo pertama kali keluar semuanya pasti murah,lama lama nanti pasti naik harga…dikasi gratis mau kalian r25 ini??pasti mau lah…
    .uda di keluar kan malah hina pula produk itu….aku motor astrea aja uda syukur aku

Comments are closed.