Agregator Blog Bermunculan, Dunia Blog Makin Berwarna

image

Rideralam.com – Brosis, coba perhatikan di sidebar sebelah kanan blog ini, di situ terpampang dua logo komunitas blogger yang RA ikuti, yakni Jatimotoblog. Jatimotoblog adalah sebuah komunitas dengan agenda rutin tahunan. Ada tiga agenda besar tiap tahun yaitu bakti sosial di pertengahan tahun, halal bi halal saat lebaran dan akhir tahun ada agenda anniversary. Selain itu Jatimotoblog juga memiliki agregator beralamat di jatimotoblog.com.

image

Sebenarnya RA senang nih melihat perkembangan terkini dunia blogger. Saat awal gabung di Jatimotoblog 2011 silam lalu dilanjutkan kopi darat pertama Desember 2012 saat 1st anniversary Jatimotoblog di Surabaya, yang RA tahu selain Jatimotoblog ada juga agregator bernama Indomotoblog serta Koboys (selain itu katanya sih ada tapi RA gak paham apa saja). Nah, di tahun 2014 ini dunia blogger makin ramai saja, terutama blogger otomotif roda dua.

image

Merasa ingin membentuk sebuah persaudaraan, walaupun hanya lewat dunia maya, beberapa blogger di berbagai daerah mulai tergerak untuk membentuk sebuah wadah komunikasi antar blogger sedaerah.

image

Di Bali, dimotori oleh motoblast.org, mas Joe sebagai dalang di belakang blog desain grafis striping motor tersebut mendirikan agregator bernama Balimotoblog.

image

Lalu, di Jawa Barat atas prakarsa 7 blogger tanah pasundan didirikanlah agregator dengan nama D’Gujubar. Apa artinya? Silahkan masuk saja ke alamat dgujubar.wordpress.com.

image

Tidak mau ketinggalan, di Jawa Tengah juga sudah berdiri agregator Jatengmotoblog yang inspirasi pendiriannya ada campur tangan ndas e Jatimotoblog, setia1heri.com.

Dasar pendirian agregator-agregator tersebut adalah ingin membentuk wadah komunikasi para blogger sedaerah, namun pada praktiknya mereka juga welcome dengan blog-blog di luar wilayah mereka. Dan ini adalah bagus, semangat perseduluran harus terus dijaga. Sebab, walaupun kita dipisahkan geografis namun semangat kita sama yaitu memberikan informasi kepada siapapun dalam bentuk tulisan di artikel.

Suatu saat rasa-rasanya harus ada pihak yang memfasilitasi sebuah acara sejenis mega camp blogger se-Indonesia di suatu tempat misalnya. Lalu, setiap blogger yang ikut dan hadir harus mempersiapkan sticker blognya untuk saling tukar dengan blogger lain. Pasti seru ya… Kira-kira siapa ya yang mau memfasilitasinya?!

Baca Juga:
[display-posts tag=blog]

Silahkan dikoreksi dan didiskusikan, semoga bermanfaat!

Contact me on:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
whatsapp: +628 77 1 2727 000

Advertisements

27 Comments

Comments are closed.