Hitungan Matematika Bagi Marquez Kunci Gelar Di Motegi Serta Menakar Peluang Lorenzo, Rossi & Pedrosa Menghambatnya!

image

Rideralam.com – Grand Prix Motegi, Jepang akhir pekan ini akan menjadi krusial dalam usaha (kembali) Marc Marquez mengunci titel juara dunia. Saat ini Marquez unggul 75 poin dari Dani Pedrosa, 78 poin dari Valentino Rossi dan 90 poin dari Jorge Lorenzo. Bagaimana menakar peluang Lorenzo, Rossi dan Pedrosa tetap menghidupkan perburuan gelar setidaknya hingga seri berikutnya di Philip Island, Australia?

image

Jorge Lorenzo —> 202 poin (-90 poin dari Marquez)
Bagi Lorenzo, peluang dia paling kecil dalam memperebutkan gelar juara. Lorenzo masih bisa buka peluang tetap hidup dalam persaingan memperebutkan gelar juara jika dia bisa finish lebih dari 15 poin dari Marquez. Artinya, jika di Motegi nanti Lorenzo juara maka Marquez harus finish di luar posisi 6. Namun, jika Marquez finish 6 besar, habis peluang Lorenzo.

Andaikan Lorenzo finish ke-2, Marquez kudu di luar 11 besar, jika Lorenzo ke-3 maka Marquez harus di luar 15 besar alias tidak dapat poin. Jika Lorenzo finish ke-4 atau di bawahnya tertutup sudah mahkota juara baginya!

image

Valentino Rossi —> 214 poin (-78 poin dari Marquez)
Rossi masih bisa membuat persaingan hidup hingga seri Australia nanti. Peluang Rossi melakukan itu adalah jika dia finish podium satu dan dua sedangkan Marquez finish di belakangnya.

Jika Rossi finish ke-3 maka Marquez harus finish di luar 4 besar. Jika Rossi ke-4 maka Marquez harus di luar 6 besar demikian seterusnya jika Rossi mampu menjaga keunggulan minimal 4 poin dari Marquez. Jika Rossi finish ke-13 maka peluang dia habis!

image

Dani Pedrosa —>  217 poin (-75 poin dari Marquez)
Hitungan paling simpel bagi Pedrosa adalah dia harus finish di depan Marquez, berapapun posisinya. Seandainya Pedrosa finish di belakang Marquez, habis juga peluang juaranya!

image

Marc Marquez —> 292 poin
Jelas, bagi Marquez jalan “termudah” menjuarai MotoGP musim ini adalah dengan finish pertama di Motegi. Atau boleh saja tidak podium 1 tapi cukup finish di depan ketiga rivalnya itu.

Jika Marquez finish ke-2, maka tidak boleh salah satu dari Rossi atau Pedrosa yang podium 1 agar mahkota juara bisa digenggam di Motegi.

image

Peluang Marc Marquez memang paling besar. Dan boleh dibilang hanya dia sendiri dan takdir yang bisa membuatnya tidak mampu mempertahankan gelar juara dunia MotoGP musim 2014. Motegi adalah peluang pertama bagi Marquez dalam rangka kampanyenya mengunci gelar. Gagal di Motegi, masih ada Philip Island atau Sepang atau Valencia di penutup musim.

[display-posts tag=motogp2014]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
whatsapp: +62 877 1 2727 000
twitter: @karismapr
other blog: http://sportupdate5.com

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. MotoGP Motegi 2014: Lorenzo Juara Seri,Marquez Juara Dunia, Back To Back Sempurna Keduanya Di Motegi | RiderAlam.com

Comments are closed.