Analisa Shuhei Nakamoto Soal Kelemahan Dan Keunggulan RC213V Dibanding YZR-M1

ktm indonesia

image

Rideralam – Ungkapan di atas diucapkan oleh Wakil Presiden HRC, Shuhei Nakamoto menanggapi begitu dominannya Honda di MotoGP 2014 lalu.

Shuhei mengatakan bahwa RC213V di beberapa sektor masih kalah dari rivalnya Yamaha. Kelemahan terbesar RC213V adalah kecepatan dan akselerasi yang lambat saat menikung terutama di trek dengan karakter tikungan cepat. Kondisi ini membuat RC213V sedikit lebih lama dalam bukaan throttle saat keluar tikungan.

Selain masalah kecepatan dan akselerasi, grip ban Honda yang lebih awet menyimpan kelemahan di awal-awal balapan. Brosis bisa cermati lagi sepanjang musim 2014 diman Marquez biasanya selalu tertinggal di awal-awal lomba, namun menyerang dan lepas saat balapan jelang beberapa lap saja.
Itu tadi adalah analisa Shuhei Nakamoto soal performa RC213V sepanjang musim 2014. Lalu apa kelebihan RC213V dibanding rival?

Walaupun mengatakan bahwa titik lemah RC213V adalah di kecepatan dan akselerasi di tikungan, namun Shuhei mengatakan bahwa Honda RC213V juga punya kelebihan yang tidak dimiliki kompetitor yakni stabilitas pengereman yang sangat luar biasa.

“Titik terkuat kami adalah stabilitas rem. Mesin kami juga lebih baik saat pergantian gear di tikungan lambat. Pada kecepatan tikungan, Yamaha jelas lebih cepat dan titik pembukaan throttle jauh lebih awal dari kami,” kata Shuhei seperti dilansir MCN.

Satu lagi kelebihan paket RC213V yakni grip ban yang jauh lebih baik dibanding Yamaha. Yup benar sepanjang musim 2014 grip ban menjadi faktor utama penurunan prestasi Yamaha. Pengembangan teknologi oleh Yamaha ternyata berpengaruh besar terhadap kondisi ban. Ban jadi cepat aus sehingga di setiap seri MotoGP terlihat jelas di lap-lap akhir kecepatan Yamaha makin berkurang sebagai akibat ban yang sudah banyak tergerus. Lain halnya dengan RC213V Marquez yang di awal-awal sabar menunggu grip makin mencengkram dan kemudian menyerang di akhir-akhir.

Itu tadi analisa Shuhei Nakamoto, Wakil Presiden HRC tentang kelebihan dan kekurangan RC213V plus sang rival. Jadi tidak sabar menanti buah kerja keras kru-kru Yamaha meminimalisir kelemahan YZR-M1 di musim 2015 serta bagaimana tim HRC bisa menyempurnakan RC213V. Selain rivalitas Honda dan Yamaha, MotoGP 2015 juga akan menarik ditunggu aksi-aksi Suzuki dan Aprilia.

[display-posts tag=motogp]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Motor Baru Honda Dipastikan Meluncur Pertengahan Pekan Ini | ArDa

Comments are closed.