Ujicoba Ban Michelin Belum Mulus, 4 Pembalap MotoGP Ndlosoorr… Tanya Kenapa?

image

Rideralam – Tidak mudah memang menggantikan sesuatu yang sudah lama established. Apalagi kalau yang digantikan sudah punya reputasi bagus. Mungkin ini yang sedang dialami produsen ban Michelin saat ini. Sebagai informasi, Michelin akan menjadi supplier tunggal balap MotoGP mulai tahun 2016 menggantikan Bridgestone.

Bridgestone sudah punya reputasi mentereng di MotoGP. Tahunan menjadi pengawal setia kuda besi prototype sekelas Honda RCV dan Yamaha M1. Dan “masa baktinya” akan berakhir musim ini. Michelin sebagai penggantinya bukanlah pemain kacangan di dunia ban. Reputasi hebatnya sudah terkenal salah satunya di ajang Superbike. Namun, untuk level MotoGP mereka harus memulainya dari nol. Jadi, tidak terlalu mengejutkan jika di ujicoba resmi pertamanya bersama motor-motor super kali ini tidak terlalu mulus.

Yup, setelah para tim dan pembalap MotoGP menyelesaikan sesi tes pramusim kemarin, hari ini Kamis (26/2) giliran Michelin yang “menyuruh” mereka melakukan ujicoba pengembangan ban. Dan hasilnya memang tidak terlalu mengejutkan, Michelin masih perlu banyak melakukan improve terutama di sisi safety ban.

image

Sisi keamanan dari ban inilah yang disinyalir menjadi masalah utama 4 pembalap MotoGP di sesi ujicoba tadi pagi. Jorge Lorenzo (Yamaha), Aleix Espargaro (Suzuki), Andrea Dovisiozo (Ducati) Dan Jack Miller (Honda) harus menjadi korban. Keempatnya mengalami crash terutama di tikungan 3 dan 5. Bahkan nama pertama crashnya lumayan hebat hingga bagian belakang M1-nya terlepas.

image

Beruntung Lorenzo tidak mengalami cedera serius. Para pembalap tidak diperkenankan memberikan keterangan pers terkait masalah ini karena menghormati kontrak pihak Dorna dengan Bridgestone yang masih berlaku hingga akhir musim 2015.

image
Andrea Dovisiozo juga crash
image
Motor Aleix Espargaro
image
Motor Honda Jack Miller

Michelin memang masih harus banyak berbenah. Masih ada waktu satu tahun untuk mempersiapkan ban yang sempurna, atau setidaknya ban yang sesuai dengan keinginan pembalap dan tentu saja aman bagi keselamatan pembalap.

All pic by @crash_motogp

[display-posts tag=motogp2015]

Contact Me On:
e-mail: karis.nsz@gmail.com
twitter: @karismapr
blog: http://rideralam.com || http://sportupdate5.com

Advertisements

Comments are closed.