Ketika Honda Dan Yamaha Bertukar Peran

Melihat sosok All New R15 (walau hanya lewat gambar), jadi terpikir ada sesuatu yang berubah dari Yamaha khususnya di garis desain. Yamaha menjadi lebih dewasa dan elegan, desainnya. Apakah hanya RA yang terpikir hal itu?

Jadi begini, selama ini motor-motor sport Yamaha (di Indonesia saja deh) punya garis desain yang identik yakni sharp, sporty, racy dan futuristik. Tajam, macho dan a la motor balap. Bisa dilihat di New Vixion, R15 v2, R25, MT-25 hingga Xabre. Bahkan, desain serupa bisa ditemui juga di matik-matiknya.

Beda dengan Honda yang arah desainnya lebih ke sisi fungsionalitas, elegan, everlasting dan kebapak-bapakan. Lihat saja dari jajaran GL series, Tiger, Megapro, CBR150, CBR250 bahkan hingga Vario edisi awal. Nyaris tidak terlihat desain motor yang racy look, namanya saja motorsport tapi desain daily bike use.

Tapi, semua menjadi berubah ketika persaingan di sport 150 mulai berdarah-darah. Honda yang mulai merubah filosofi desain motor-motornya. Adalah All New CB150R yang mengawali lompatan besar dari desain elegan menjadi sporty dan racy look. Kemudian muncul juga All New CBR150R dan teranyar All New CBR250RR, semua mengakui Honda telah berubah. Desain-desainnya makin meuju ke arah anak muda yang ingin tampil ala ala pembalap. Abaikan saja performa, desain menjadi andalan di negeri ini. Honda mulai mengambil peran Yamaha dalam urusan mendesain motor sporty dan racy look.

Baca Juga:
[display-posts category=”otomotif” posts_per_page=”5″]

Demikian juga akhirnya dilakukan Yamaha. Pabrikan garpu tala itu juga mulai berubah. Filosofi desain beraura racy, sporty dan pokok e bernuansa speed speed dan speed (desain lho ya) kini mulai bergeser ke arah lain. All New R15 menjadi penanda. Banyak yang bilang desain All New R15 tidak lagi agresif layaknya motorsport Yamaha selama ini. Tapi telah berubah mengejar sisi elegan dari sebuah kuda besi 150 cc. Kondisi ini diyakini dilakukan Yamaha setelah mereka menganalisa kekalahan telak dari Honda di marketshare roda dua tanah air. Lebih khusus, hal tersebut mulai terjadi saat New Vixion Advance mulai bisa diimbangi bahkan jika ditambah fitur-fitur menjadi disalip New CB150R. Ditambah kekalahan telak R15 v2 dari All New CBR150R yang sangat menyakitkan. Yamaha mulai mengambil peran Honda dalam mendesain motor sport elegan.

Jadi, kita tunggu saja beberapa tahun ke depan, apakah Yamaha akan benar-benar merubah filosofi desain-desain motor-motor sportnya. Membuang sebagian besar aura racy look menjadi elegance look? Honda dan Yamaha saling bertukar peran!

RA

Advertisements

Comments are closed.