Lampu Hazard Di All New R15: Bahaya Jika…

aerox.gif

Yamaha sukses membawa dimensi lain dari All New R15. Fitur-fitur berbau high tech disematkan membuat standar baru motorsport 150 cc. Dengan kata lain, All New R15 motor 150cc paling komplit saat ini. Desain ciamik, fitur terlengkap, performa terbaik hingga dukungan nama besar Yamaha membuat All New R15 punya value terbaik saat ini. Diantara fitur-fitur baru yang disematkan ada fitur andalan modif para biker yakni lampu hazard.

Desain All New R15 mengadopsi DNA Yamaha R-Series dengan mengedepankan unsur Super Sport.  Motor ini menggunakan rangka Deltabox yang terbukti kokoh dan New Design Aluminium Rear Arm dengan bobot yang ringan. Kombinasi ini memberikan pengendalian motor yang sangat stabil, dengan weight distribution 50 : 50. Mengendarai All New R15 kini jauh lebih aerodinamis dari model sebelumnya. Desain bodi yang meruncing dan ramping semakin menyiratkan Racy image. Lampu depan dan belakang LED dilengkapi dengan lampu hazard yang membuat motor ini semakin terlihat agresif (tmcblog).

all-new-r15

Lampu hazard termasuk fitur baru di motor-motor tanah air. Silahkan dikoreksi, All New R15 adalah motorsport pertama yang telah mengaplikasikan lampu hazard langsung dari pabrikan. Fitur fungsional yang jika ada di tangan yang tidak bertanggung jawab akan menjadi masalah bagi pengguna jalan lain.

Lampu hazard sejatinya berfungsi untuk memberikan tanda ke pengendara lain tentang keberadaan motor atau kendaraan kita yang tengah mengalami masalah (mogok atau sejenisnya). Jadi, fungsinya baru muncul saat kondisi darurat. Namun, pada prakteknya di lapangan lampu hazard seringkali digunakan bukan sesuai fungsinya. Hujan deras, lampu hazard nyala; turing berkelompok, lampu hazard nyala juga; riding harian, lampu hazard nyala lagi; jangan-jangan pas parkir mau boker lampu hazard juga dinyalain, mencret dah…

lampu-hazard-all-new-yamaha-r15-218x150

Intinya, lampu hazard sebuah fitur yang sangat bermanfaat, namun akan menjadi merugikan jika berada di tangan biker tidak bertanggung jawab, egois dan sok gaya! Yamaha harus menambah frekuensi edukasi ke anggota komunitas R15 yang konon katanya sudah mencapai 135 komunitas. Mulailah dengan mereka menjelaskan dan mewanti-wanti pemakaian lampu hazard ini, agar yang lain bisa melihat dan meniru kemudian.

All New R15 dengan lampu hazard bahaya jika jatuh ke tangan biker edan!

RA

Advertisements

4 Comments

Comments are closed.