Berapakah Top Speed All New R15? Mengerikan!

aerox.gif

all-new-r15

Yamaha All New R15 akhirnya meluncur. Di atas kertas, spesifikasi New R15 menjadi yang terbesar untuk urusan power dan torsi. Sontak, timbul pertanyaan seberapa kencang sih All New R15? Berapa top speed yang bisa dicapai?

Lho, motornya belum dijual koq sudah tanya top speed segala. Emang sudah ada yang mengukurnya? Jawabannya ada, bro!

Saat diperkenalkan di Sentul, Senin (23/1) ada sejumlah orang yang beruntung menjajal All New R15 sebagai test rider. Salah satunya bro Aan. Capture gambar dari video menunjukkan angka 144 km/jam di panel dashboard All New R15. Angka 144 km/jam diraih di gigi 6 dengan speed bar belum full mepet kanan. (gambar di sini)

Namun, yang jelas kecepatan 144 km/jam untuk ukuran motor berkubikasi 150 cc (155,1 cc) sudah sangat mengerikan. Kecepatan tersebut bisa tercapai sebab All New R15 sudah mengalami ubahan jeroan yang cukup signifikan.

Aplikasi piston 58 mm (sebelumnya 57 mm) otomatis membuat kubikasi mesin naik menjadi 155,1 cc. Hal ini otomatis membuat power All New R15 bengkak hingga 19,3 ps. Belum lagi aplikasi variable valve actuation (VVA) yang sudah terkenal galak di NMax makin klop dengan lubang injeksi yang bertambah menjadi 10 hole dari 8 menjadikan All New R15 ngacir sejak putaran bawah.Maklum, motor khas SOHC torsi sangat berlimpah di bawah, VVA bikin putaran atas makin bertenaga.

Bisa jadi, angka 144 km/jam bukanlah top speed sebenarnya All New R15. Banyak faktor yang bisa mempengaruhinya seperti bobot rider, kecepatan angin dan tentu saja skill si rider.

Yang jelas, top speed janganlah dijadikan ajang percobaan di jalanan umum. Sirkuit menjadi tempat yang pas untuk membuktikannya. Ada tanggung jawab yang besar dari Yamaha ke depan untuk mengedukasi pemilik All New R15 yang dengan segala kelebihannya justru bisa menjadi bumerang bagi sang owner.

RA

Advertisements

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Suzuki GSX-R150: Top Speed Hingga Rencana GSX-R125! | rideralam.com

Comments are closed.