Gawat…!!! Pembangunan Sirkuit MotoGP Jakabaring Terancam Batal

Kabar kurang sedap datang dari Palembang. Kabarnya pembangunan Sirkuit Jakabaring yang disiapkan untuk MotoGP 2018 mengalami kendala dan hambatan sehingga terancam batal dibangun. Penyebabnya adalah analisis mengenai dampak lingkungan alias amdal. Waduh, seriuskah masalahnya?

Kalau dibilang serius ya serius sebab apapun yang dibangun di atas tanah di negeri ini harus punya sertifikat kelayakan amdal agar lingkungan sekitar tidak jadi lebih buruk gara-gara pembangunan fisik tersebut. Jika aturan itu tegas ditegakkan, maka pembangunan fisik yang tidak atau belum memiliki sertifikat amdal ya tidak boleh didirikan. Tapi, itu dengan catatan sama sekali tidak punya ijin amdal lho ya. Lalu, bagaimana dengan Sirkuit MotoGP Jakabaring ini?

Baca Juga
[display-posts tag=”motogp-indonesia” posts_per_page=”4″]

Tidak usah terlalu kuatir, bro. Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Edward Candra kendala ijin amdal pembangunan Sirkuit Jakabaring tidak terlalu serius. Alasannya adalah Sirkuit Jakabaring dibangun di Kawasan Jakabaring Sport City, sedangkan kawasan itu sendiri sudah punya ijin amdal. Jadi, cincay lah ya. Tinggal ijin perluasan saja katanya.

“Karena ini perluasan kawasan Jakabaring, maka kita perlu lakukan koordinasi dengan dinas Lingkungan kota Palembang,” tutur Edward.

Rencana Sirkuit Jakanaring

Nah, gitu dong. Kalau bisa mudah ngapain juga dipersulit. Toh, pada prinsipnya ijin sudah ada, ditambah kepentingan pembangunan juga untuk negeri ini. Jika Sirkuit Jakabaring bisa berdiri, yang ikutan bangga kan kita semua sebagai warga negara Indonesia. Sebaliknya, jika gagal berdiri gara-gara birokrasi njlimet, jangan salahkan jika pejabat-pejabat di atas sana dibully habis-habisan. Urusan koordinasi antar instansi memang sering menjadi masalah utama negeri ini, padahal masih satu payung bernama pemerintah Indonesia.

Ayolah, segera diurus itu ijin perluasan amdalnya agar Sirkuit Jakabaring bisa segera dikebut pembangunannya. Tak sabar juga nih melihat gerombolan sirkus roda dua terakbar di kolong jagad mampir ke negeri ini. Terlalu lama Indonesia terbelakang nih…

Xixixixixi

RA

Credit: okezone

Advertisements