Situbondo Dan Sejumlah Kota Alami Angin Kencang, Ini Daftarnya!

Beberapa hari terakhir ini wilayah Situbondo tengah mengalami cuaca tidak seperti biasanya yakni angin yang berhembus lebih kencang dari biasanya dan curah hujan yang sangat tinggi (deras). Angin berhembus sangat kencang, walau tidak sampai berakibat fatal (naudzubillah), baik di pagi hari, siang, sorr atau malam. Ditambah jika hujan turun, sangat deras dalam waktu tidak sebentar. Ada apa ini?

Ternyata menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), beberapa wilayah di Jawa Timur sedang mengalami cuaca abnormal, tidak seperti biasanya yakni angin kencang. Dalam selebaran yang banyak beredar di dunia maya, BMKG Surabaya menyebutkan beberapa wilayah di Jawa Timur seperti di bagian utara dan wilayah tapal kuda akan mengalami angin kencang selama seminggu sejak 6 Februari hingga 13 Februari.

Wilayah Utara Jatim: Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Gresik, Mojokerto Dan Jombang

Wilayah Tapal Kuda: Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, dan Bondowoso

Tidak hanya angin kencang sekitar 35 knot, namun juga diikuti gelombang air laut yang tinggi mencapai 5 meter yang mengancam siapapun yang tengah beraktivitas di luar rumah. Apakah selebaran di atas benar atau tidak? Yang jelas di Situbondo angin kancang telah terjadi dalam 3 hari ke belakang, air laut di pantai Pasir Putih hempasan ombaknya sudah masuk ke jalan raya pantura Surabaya-Bali, kemudian dua hari lalu ada kapal nelayan yang diterjang gelombang dan menewaskan 2 orang diantaranya.


Jadi, buat brosis yang sekiranya tidak terlalu urgent harus di luar rumah sebaiknya tahan diri dulu. Lebih aman di dalam rumah sendiri. Jika memang harus keluar rumah tetaplah waspada, jangan parkir motor atau mobil dekat pohon besar, hindari dulu bermain-main di pantai apalagi berselancar. Semoga kita semua mendapat perlindungan dari Allah SWT Tuhan Sang Maha Kuasa. Amin
-RA-

Advertisements