Honda Boleh Mendominasi Pasar, Tapi Tidak Di Kelas Ini!

Seperti kita ketahui, Honda begitu mendominasi pasar motor tanah air. Ketika pabrikan lain mengalami tren penurunan permintaan, Honda justru melaju melebihi kenaikan rata-rata nasional. Semua segmen dari bebek, sport hingga skutik telah mereka kuasai. Total 77-78% pasar nasional menjadi milik pabrikan sayap kepak. Namun, tak ada gading yang tak retak. Di balik dominasi Honda ada satu kelas yang ternyata gagal Honda taklukkan. Lawan di kelas ini cukup berat, bahkan produk baru Honda yang memang dirilis untuk menyaingi kompetitor boleh dibilang gagal. Inilah kelas yang tidak bisa Honda kuasai di marketshare Januari 2017.

Yup, kelas bebek super atau underbone 150 yang termasuk di dalamnya kita masukkan ayago. Kelas inilah yang belum bisa dikuasai Honda. Bahkan, akumulasi dua senjata yang telah disiapkan Honda tidak mampu untuk sekedar mendekati sang rival. Honda Sonic 150 dan Supra GTR150 memang disiapkan Honda untuk menghadang dominasi Satria F150 dan Jupiter MX series.

Sonic 150 cukup sukses mengemban tugas. Lawan yang dibidik sebenarnya bukanlah lawan ringan. Satria F150 adalah penguasa ayago selama ini. FU begitu mendominasi bahkan menjadi tulang punggung penjualan Suzuki. Namun, ketika Sonic 150 diluncurkan, perlahan tapi pasti pengaruh FU di kalangan abg sasaran kelas ini makin menurun seiring meningkatnya permintaan Sonic. Januari 2017 menjadi bukti kesekian kalinya Sonic 150 makin mengalahkan Satria FU. Sonic terjual 2 ribuan unit, Satria FU hanya 900an unit!

Baca Juga
[display-posts tag=”marketshare” posts_per_page=”4″]

Jika Sonic cukup sukses menghempaskan Satria FU, lain halnya dengan Supra GTR150. Bebek super Honda yang berharap tuah dari nama besar Supra series muncul untuk melawan penguasa tradisional, Yamaha MX King. Hasilnya, nama besar Supra yang begitu berjaya di kelas cub ternyata tidak mampu menolong. Supra GTR150 dengan desain bebek kebanyakan, walau mesin sudah DOHC, ternyata gagal membendung jagoan Yamaha. Bahkan, di Januari 2017 penjualan Supra GTR150 hanya sepersepuluh dari MX King! Ketika MX King terjual 5 ribuan unit sepanjang Januari 2017, Supra GTR150 hanya sekitar 500 an unit!
Bahkan, akumulasi penjualan Supra GTR150 dan Sonic 150 masih di bawah capaian MX King.

Berikut data penjualan AISI di bulan Januari 2017 untuk Kelas Underbone 150:

Yamaha MX King : 5.149 unit
Honda Sonic 150R : 2.525 unit
Suzuki Satria F150 FI : 991 unit
Honda Supra GTR150  : 517 unit

-RA-

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Skutik, Bebek & Sport Dikuasai Honda, Ini Kontribusinya! | rideralam.com

Comments are closed.