Ketika Suzuki Ikuti Langkah Honda, Kebangkitan Bukanlah Mission Impossible!

Brosis, Suzuki telah mencanangkan kebangkitannya di tahun 2017 ini. Setelah sekian lama hibernasi produk, awal tahun ini mereka langsung menggeber 2 produk sekaligus dari keluarga GSX. Promo pun dilakukan untuk memperkenalkan produk barunya ke konsumen. Nah, ada yang menarik dengan strategi promosi Suzuki jika dilihat dari kacamata awam marketing, yakni mereka meniru langkah Honda dalam mempromosikan produknya. Seperti apa?

Tentu saja meniru di sini bukan bermaksud merendahkan, malah justru patut diberi acungan jempol.

Seperti kita ketahui, selama ini metode penjualan Honda lebih ke softselling dibanding hardselling. Honda lebih menyentuh sisi mindset konsumen dibanding langsung menawarkan produk. Intinya mereka membuat konsumennya merasa nyaman dan mendapat perhatian lebih. Selain itu, mereka mau merangkul komunitas-komunitas motor walaupun itu bukan dari merk Honda. Selain komunitas, mereka tidak melupakan blogger. Hampir seluruh komunitas blogger roda dua diayominya. Diundang satu persatu atas nama pribadi atau komunitas blogger, diberi pelayanan first class saat gathering hingga “sekedar” mengirimkan kue tart ulang tahun untuk sang blogger. Semua itu dilakukan Honda untuk mengambil hati blogger. Sudah diberi fasilitas, dibuat nyaman koq mau nulis berita negatif soal Honda, gak mungkin lah ya. Paling jelek ya tidak mengangkat sisi jeleknya.

Alhasil, di dunia maya bejibun tulisan atau artikel tentang produk-produk Honda, kegiatan-kegiatan blogger yang berhubungan dengan Honda dan semua yang berbau Honda. So, bisa jadi setiap netizen atau komentator berselancar di dunia maya, guugling soal motor, yang keluar melulu soal Honda. Di sinilah pintarnya Honda. Mereka menyerang sisi mindset calon konsumen. Tulisan tentang produk Honda nyaris semua positif. Orang awampun akan berpikir “andaikan tulisan Honda dibagus-baguskan mana mungkin semua blogger menulis hal yang sama. Pasti ini bukan kebetulan, berarti produk Honda memang bagus-bagus tuh. Beli ah…” kena deh

Baca Juga
[display-posts tag=”gsx-r150″ posts_per_page=”4″]


Nah, langkah itu pelan-pelan mulai diikuti Suzuki. Softselling mereka lakukan dengan mengundang banyak blogger dalam memperkenalkan produk barunya. Silahkan brosis baca-baca blog anggota dgujubar hingga jatimotoblog, artikel GSX-R150 silahkan hitung sendiri, banyaak!! Ya, sebab beberapa membernya diundang oleh Suzuki untuk menghadiri launching GSX-R150 di daerah. Belum lagi setelah launching ada sesi test ride, makin banyak artikel GSX-R150. Ada artikel negatif? Minim kalaupun bisa dibilang gak ada.

Selain undangan launching, biasanya ada undangan ramah tamah bersama petinggi Suzuki di sebuah tempat eksklusif biar lebih up close and personal gitu. Lebih bernuansa kekeluargaan. Sehingga tulisan demi tulisan tentang GSX-R150 terus menerus hadir di laman utama blog mereka. Ini adalah media promosi efektif saat ini. Suara blogger makin diperhatikan oleh calon konsumen. Suzuki sudah on the track. Ke depan, bukan tidak mungkin Suzuki makin massive dalam intensitas sering mengundnag blogger-blogger ibukota dan daerah. Entah dalam acara launching, test ride atau “hanya” sekedar makan malam bersama blogger. Imbasnya, artikel dengan kata kunci SUZUKI, GSX-R150 makin banyak ditemukan di google.
Sebenarnya langkah Suzuki tidak hanya soal merangkul komunitas blogger. Mereka juga membuat program gokil berupa harga promo khusus selama waktu tertentu untuk peminat produknya. Gokil sebab mereka memberikan harga luar biasa murah dibanding harga awal dan harga kompetitor. Contoh GSX-R150, banderol resminya 29,5 juta OTR Jakarta, namun khsusus bulan Januari hingga Maret 2017 mereka memangkasnya menjadi 27,5 juta Rupiah OTR Jakarta. Bayangkan, dengan 29 jutaan saja harga GSX-R150 sudah lebih murah dari kompetitor apalagi ini masih ditambah promo harga gokil. Siapa yang tidak mau menoleh coba?! Padahal produk yang dijual bukanlah produk inferior. Performa terbaik di kelasnya, fitur keyless yang pertama di kelasnya hingga desain yang tidak jelek menjadi andalan GSX-R150. So, harga promo super murah bukanlah untuk obral produk jelek melainkan program khsusus untuk menggaet konsumen sebanyak-banyaknya selama 3 bulan promo.

Hasilnya, satu persatu owner GSX-R150 menampakkan diri. Facebook menjadi tempat paling tepat untuk pamer. Dan mereka rata-rata percaya diri dengan tunggangan anyarnya. Review positif silih berganti bermunculan di beranda grup fb Suzuki GSX-R150 Indonesia. Apa yang dilakukan Suzuki sudah masuk ke ranah mempermainkan mindset konsumen dan calon pembeli. Makin joss kala didukung pelayanan pembelian yang tidak ribet dan tidak memaksa calon konsumen untuk membeli secara kredit seperti yang dilakukan dealer sebelah. Sangat bagus dan memiliki prospek ke depan yang baik.

Baca Juga
[display-posts tag=”marketshare” posts_per_page=”4″]


Kalau sudah begini, target 20% penguasaan market sport tanah air bukanlah mission impossible. Justru yang harus waspada adalah Yamaha sebagai target terdekat Suzuki. Sebab, apa yang telah dilakukan garda terdepan Yamaha selama ini cenderung merugikan mereka sendiri. Ulah nakal sales seperti black campaign produk merk lain dan mempersulit calon konsumen membeli produknya (ditekan untuk memilih kredit) sedikit banyak akan membuat pamor Yamaha makin redup di mata konsumen.

Suzuki sudah on the track, bersiaplah bangkit!

RA

Advertisements

5 Comments

  1. coba seatnya di rendahin dong ! mau bikin ridernya jatuh bego ya…
    aku mau beli kemarin jadi batal gara-gara harus jinjit….

    • berarti elu yg pendek bro.
      wong seat heightnya udah paling rendah dibanding cbr & r15 kok.
      saran mending naik bebek / matic aja.
      dg tinggi badan kyk elu bahaya naik motor sport.
      thanks

Comments are closed.