Next New Vixion: Yamaha Tidak Lagi Revolusioner?

NVA jilid 2

Bicara sosok next new vixion yang lagi happening sosok spyshootnya seperti melihat sesuatu yang baru. Sebuah langkah yang tidak biasa dilakukan pabrikan sekelas Yamaha. Apakah soal desain next new vixion yang jelek menurut penilaian banyak orang? Bukan, kalau itu subyektif sekali. Namun, yang menarik didiskusikan adalah sebuah kebiasaan Yamaha yang tidak lagi muncul di next new vixion (acuannya spyshoot lho ya). Yakni soal garis desain yang tidak revolusioner.

Apa maksudnya?

Jadi begini, di kelas ini kemunculan Yamaha Vixion di tahun 2007 menjadi tonggak kejayaan Yamaha selama beberapa tahun selanjutnya. Hal itu terjadi karena Yamaha berani memberikan sesuatu yang baru dan lebih value dari yang diberikan kompetitor. Dari sisi desain, old vixion sangat berbeda dengan motor batangan Yamaha kala itu. Sebut saja scorpio. Desain yang sporty, nungging, racy dan eye catching menyempurnakan benaman teknologi injeksi dan fitur yang termodern kala itu.

Kemudian, ketika kompetitor mulai berusaha merebut hati konsumen dengan “meniru” desain old vixion, Yamaha melakukan langkah revolusioner. Old vixion yang sejatinya masih laku di pasaran segera diupdate menjadi new vixoion lightning. Apa yang ada di old vixion nyaris tidak muncul lagi di nvl, khususnya di sisi desain bodi keseluruhan. Awalnya publik tidak terlalu antusias sebab ketika melihat spyshoot yang bertebaran di jagad blogsphere sekitar tahun 2012 mereka menganggap desain nvl aneh, lebay dan over acting. Tapi, nyatanya ketika produk resmi dirilis dan dilempar ke pasar reaksi pasar luar biasa. Klan vixion makin menjadi-jadi menguasai kelas sport 150.

Baca Juga
[display-posts tag=”opini” posts_per_page=”4″]

Kemudian Yamaha melakukan sedikit ubahan atau minor update pada nvl menjadi new vixion advance. Tidak banyak ubahan hanya di sektor headlamp yang sedikit direvisi serta spatbor belakang lebih sporty.

Nah, ketika saat ini kondisi nva mulai terdesak hebat dengan kehadiran new cb150r, sudah seharusnya Yamaha melakukan apa yang telah mereka lakukan 7 tahun silam. Langkah revolusioner diperlukan merubah total desain nva, walaupun ada beberapa pendapat desain nva sudah oke tinggal upgrade mesin dll. Tapi, melihat pengalaman Yamaha di 2007 dan 2012 ubahan garis desain secara revolusioner terbukti ampuh menjaga kejayaan.

Namun, apa yang nampak di spyshoot-spyshoot sepertinya Yamaha sudah tidak tertarik menggunakan jalur lama yang telah terbukti ampuh. Yamaha masih mempertahankan sebagian besar garis desain nva. Hanya ubahan sana sini yang tidak terlalu signifikan dilakukan. Buritan lebih sporty dengan spatbor gantung, shroud yang lebih dipanjangkan hingga bawah jok rider, headlamp yang jadi biasa serta posisi kunci yang kembali ke selera awal bukan di tangki seperti yang sudah mereka perkenalkan di generasi nvl hingga nva. Ada apa Yamaha? Masih pedekah mereka pada desain nva dengan ubahan sektor mesin, tetap sohc namun sudah disematkan vva?

Baca Juga
[display-posts tag=”new-vixion” posts_per_page=”4″]

Kita tunggu saja apakah jalan yang dipilih Yamaha kali ini masih bisa menyelamatkan pamor sport yang selama ini sudah mereka kuasai hingga negara api menyerang? Atau malah makin menenggelamkan mereka ke dasar market apalagi saat ini ada rival lain yang sudah menancapkan target ambisius kebangkitan sportnya? Hanya Yamaha yang bisa menentukan nasibnya sendiri.

RA

Advertisements

Comments are closed.