Suzuki Targetkan Penjualan New Smash FI 500 Unit/Bulan Saja, Masuk Akal!

Tanpa ba bi bu tiba-tiba Suzuki merilis bebek legend mereka, New Smash dengan pengabutan sudah injeksi. New Smash FI hadir di tengah euforia kebangkitan Suzuki yang telah mereka canangkan di tahun 2017 ini. Apakah New Smash FI akan sesukses GSX-R150?

Terlalu naif jika membandingkan dua jenis motor yang tidak sekelas. Apalagi segmen bebek terus mengalami penyusutan volume penjualan. Namun, kekuatan New Smash FI kali ini justru di banderol yang sangat kompetitif. Oke, sebut saja murah sekelas dengan Honda Revo. Tapi, Suzuki sepertinya sadar dengan kondisi itu.

Walaupun harga murah, namun dengan segmentasi yang makin kecil plus keberadaan jaringan 3s yang belum optimal, mereka “hanya” menargetkan penjualan New Smash FI 500 unit saja per bulan. Wow… bebek seharga 12-13 jutaan hanya menargetkan 500 unit/bulan? Bisa jadi ini target paling minimal Suzuki, namun tidak menutup kemungkinan target ini hanya langkah pertama untuk kembali menghidupkan eksistensi New Smash yang terkenal di masa lalu.

Cerdiknya lagi, Suzuki menyasar segmen yang selama ini tidak pernah spesifik dituju pabrikan lain, dinas-dinas atau instansi pemerintah dan swasta alias jadi motor dinas. Kenapa mereka begitu percaya diri bisa diserap instansi-instansi sebagai motor dinas? Sebab Suzuki menyasar wilayah luar Jawa, daerah-daerah yang tingkat pembangunan dan perekonomiannya sedang meningkat seperti pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia bagian Timur. Jadi, dengan penetrasi 500 unit/bulan saja untuk wilayah-wilayah itu sebenarnya sudah cukup tinggi. Jangan dibandingkan dengan market di Jawa.

Yohan Yahya selaku Dept. Head Marketing & Sales 2W, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan, “Suatu kebanggan bagi Suzuki bahwa New Smash FI masih kembali dipercaya dan menjadi kebutuhan dasar transportasi masyarakat, terutama di daerah-daerah terutama selain pulau Jawa. New Smash FI memang sanggup memenuhi persyaratan ketangguhan, keiritan dan kedahsyatan tenaga untuk melintasi berbagai karakter jalan yang menantang”.

Berikut harga New Smash FI:

New Smash FI SR (Cast wheel) – Rp 13.650.000,-
New Smash FI R (Spoke wheel) – Rp 12.850.000,-

RA

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.