Rp 34,5 Juta Banderol All New R15: CBR150R Senyap, GSX-R150 Panas!

Yamaha telah meresmikan harga All New R15 di angka 34,5 juta Rupiah OTR Jakarta. Beberapa pendapat akhirnya mulai mengapung dan menyebut bahwa Yamaha memang benar-benar ngajak “perang” Honda New CBR150R yang memiliki banderol 32-33 jutaan Rupiah. Tapi, ternyata yang bereaksi justru para pecinta Suzuki GSX-R150. Lho koq bisa?

Analisa ngawurnya begini kira-kira. Dari sisi manapun saat ini dengan kehadiran All New R15, CBR150R menjadi inferior se-rendah-rendahnya. Kita lihat dari sisi fitur misalnya. Swing arm banana, rangka deltabox, dan suspensi depan upside down jelas tidak dimiliki CBR150R. Cukup? Beluumm…

Dari sisi performa, All New R15 menjadi yang paling tinggi powernya dibanding CBR150R. Gapnya bahkan cukup lebar (16,33 hp vs 14,77 hp), nyaris 2 hp saat dilakukan dynotest.

Dari sisi mesin, oke CBR150R menggunakan DOHC yang digadang-gadang lebih baik dari SOHC. Namun, disinilah titik lemah CBR150R sebab DOHC yang digunakan bukanlah DOHC Overbore yang dikenal ganas namun justru DOHC yang SOHC wannabe. DOHC overstroke atau mereka sebut nearsquare. Bullying tak tertahankan makin gencar. Jika All New R15 menggunakan SOHC biasa jelas kalah, tapi Yamaha mencangkokkan teknologi variable valve actuation (VVA) yang ternyata justru punya sifat DOHC Overbore yakni nafasnya lebih panjang dari putaran bawah hingga atas.

Belum lagi fitur jeroan seperti Assist & Slipper Clutch yang nyata-nyata absen di CBR150R. Jika ada keunggulan hanya di harga yang sedikit lebih murah, ya sedikit yang akhirnya justru jadi kelemahan juga sebab hanya tipis saja bedanya. Oh iya, torsi on dynotest CBR150R unggul tapi hanya 0,0 sekian…gak signifikan. Jelas sudah, All New R15 menang segala-galanya dari CBR150R. Bisa jadi inilah mengapa pecinta CBR150R tidak begitu antusias membela diri atau menyindir-nyindir tentang banderol All New R15. Kasarnya, mereka sadar diri bahwa jagoannya memang kalah telak.

Nah, yang menarik justru GSX-R150 yang paling bereaksi. Mereka lebih sering menyindir banderol All New R15 yang disebutnya kemahalan walaupun implisit. Misalnya, ada yang bilang gak nyesel sudah beli GSX, sebelah 34,5 juta. Ada yang sampai menyinggung-nyinggung soal built quality Suzuki yang katanya lebih baik dan GSX-R150 value for money. Dan tidak lupa soal keunggulan DOHC Overbore yang digendong GSX-R150. Bahkan ada yang bilang motorsport itu performa bukan soal kosmetik. Seru memang membaca komentar-komentar mereka yang membanggakan tunggangannya walau terkadang diselingi sindiran buat sang rival wkwkwkwk

Tapi, wajar kalau GSX-R150 bereaksi atas banderol All New R15 sebab mereka memang punya sesuatu yang bisa dijual dari motor idolanya. Jadi, ketika Yamaha R15 V3.0 membangga-banggakan fitur-fitur andalannya plus performa tertinggi on dynotest, GSX-R150 masih bisa menepuk dada. Mereka masih bisa membanggakan diri dengan menyebut GSX-R150 paling murah, motorsport 150 paling value hingga performa mesin DOHC jantan alias overbore yang paling jempolan.

Jadi, ketika Yamaha membanderol All New R15 34,5 juta Rupiah, maka yang paling terpukul jelas CBR150R. Senyap. GSX-R150 walaupun punya keunggulan di harga jual plus performa DOHC, namun tetap panas dengan situasi terkini pasca dirilisnya banderol All New R15.

RA

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.