Sebastian Vettel Juara GP Australia 2017, Ferrari Is Back!

Sebastian Vettel memenangi seri perdana Formula One (F1) di Sirkuit Albert Park, Melbourne Australia, Minggu (26/3). Vettel menaklukkan Lewis Hamilton dan Valteri Bottas untuk merebut podium pertama. Ferrari is Back!?

Vettel, pembalap Ferrari dari Jerman, menempati posisi kedua saat start di belakang sang pole sitter Lewis Hamilton dari Mercedes. Saat lampu merah start padam, Vettel berhasil mempertahankan posisinya di belakang Hamilton. Sedangkan Bottas dan Kimi Raikkonen yang start di posisi 3 dan 4 juga berhasil keluar tikungan pertama di posisi startnya.

Pertarungan Vettel dan Hamilton terus berlangsung hingga lap ke-11. Lap ke-11 Hamilton masuk pit stop dan keluar lagi di posisi kelima. Vettel memimpin balapan dan memperbesar gap dengan Hamilton. Kemudian di lap 24, Vettel juga masuk pit stop. Berhasil, ketika keluar pit Vettel masih berada di depan Hamilton untuk memimpin lomba.

Lap 32, gap Vettel dengan Hamilton menjadi 6,2 detik. Kecepatan Ferrari sepertinya sudah kembali di musim ini setelah sekian tahun memble. Di posisi ketiga ada Valteri Bottas yang berjarak 5,3 detik dari Hamilton. Keempat ditempat Kimi Raikkonen (Ferrari) 19,9 detik di belakang Vettel. Vettel-Hamilton-Bottas-Raikkonen. Ferrari-Mercedes-Mercedes-Ferrari. Top 4 diisi 4 pembalap dari 2 tim. Pertarungan Ferrari vs Mercedes.

10 lap jelang finish posisi 4 pembalap terdepan masih sama. Namun, gap Vettel dengan Hamilton makin lebar menjadi 8,4 detik. Hamilton-Bottas 2,6 detik dan pertarungan seru juga terjadi di perebutan tempat keempat. Raikkonen mendapat tekanan hebat dari pembalap Red Bull Max Verstappen. Keduanya hanya berjarak 1,4 detik. Pembalap senior vs pembalap muda.

Dan akhirnya hingga 57 lap GP Australia, Sebastian Vettel berhasil mempertahankan posisi terdepan dan menyentuh garis finish lebih dulu. Hamilton di posisi kedua dan Bottas melengkapi podium. Raikkonen dan Verstappen membuntuti di posisi keempat dan kelima.

Kemenangan Vettel ini menjadi indikator kebangkitan Ferrari musim ini. Klasemen pembalap Vettel memimpin dengan 25 poin diikuti Hamilton 18 poin dan Bottas 15 poin. Posisi puncak Vettel ini menjadi yang pertama bagi Ferrari di klasemen sejak terakhir tahun 2012 alias 5 tahun silam.

“Ini adalah balapan yang sulit dipercaya. Seluruh tim bekerja keras sepanjang akhir pekan ini. Kemenangan yang luar biasa. Untuk saat ini Kami telah melakukan start yang bagus, namun bicara gelar juara tentu saja masih jauh,” ungkap Vettel saat diwawancarai mantan pembalap Mark Webber saat di podium.

Semoga saja Ferrari bisa konsisten hingg akhir musim. Hamilton dan Mercedes tentu saja tidak akan tinggal diam. Kecepatan dan durabilitas prima mesin Mercedes yang terbukti paling tangguh dalam 4 musim terakhir masih menjadi favorit juara musim ini. Sayang memang, di tengah serunya pertarungan perebutan juara dunia, tidak ada pembalap Indonesia yang ikut atmosfer langsung di lintasan. Tapi, posisi Sean Gelael sebagai pembalap penguji Sauber sudah cukup lumayan membuka asa hadirnya kembali garuda di lintasan F1 beberapa tahun ke depan. Ciao

RA
Credit: f1.com

Advertisements