Vinales Kuasai FP1 MotoGP Argentina 2017, Para Alien "Mendukung" Dari Belakang!

Latihan bebas pertama MotoGP Argentina 2017 baru saja usai. Maverick Vinales berhasil menjadi yang tercepat melintasi Termas de Rio Hondo. Para alien justru terpuruk di luar 10 besar. Seperti mendukung Vinales dari belakang ya…

Latihan bebas pertama berlangsung selama 45 menit. Vinales mendominasi sebagian besar waktu hingga menutup sesi dengan laptime 1:40,356. Vinales unggul dari pembalap Pramac Ducati, Danilo Petrucci yang membuat kejutan dengan menempati posisi kedua. Keduanya berjarak 0,106 detik. Posisi ketiga ditempati pembalap Yamaha Tech 3, rookie Johann Zarco yang mencetak waktu tercepat 1:40,574. Performa Zarco makin moncer nih.

Dan top 5 FP1 benar-benar dikuasai pembalap-pembalap muda setelah Jonas Folger dan Karel Abraham melengkapi posisi 4 dan 5. Posisi 6 ditempati Andrea Iannone disusul Andrea Dovizioso, Hector Barbera, Jack Miller dan Alvaro Bautista melengkapi top 10. Lalu, kemana para alien? Nah ini yang menarik, atau bisa juga dibilang “ada apa?”

Kita lihat dimana posisi 4 alien tradisional di FP1. Posisi paling tinggi ditempati Marc Marquez. Mantan baby alien inipun hanya berada di posisi ke-11. Marquez mencatat waktu terbaik 1:40,958. Lebih baik dari alien berikutnya, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi yang berturut-turut ada di posisi 15 dan 16. Jika Lorenzo dengan 1:41,128 maka Rossi 1:41,311. Yang paling parah adalah Dani Pedrosa di posisi 19 dengan 1:41,781! Pada nge-voor nih kayaknya hahaha…

Overall performa Vinales makin menawan. Sejak memutuskan bergabung dengan Yamaha, Vinales seolah menemukan jodohnya pada sosok YZR-M1. Tapi, ini baru FP1, masih ada beberapa sesi lagi sebelum benar-benar bisa membuktikan kepantasan di Argentina. Lebih jauh lagi masih ada 18 seri ke depan untuk mwnjadi yang terbaik.
RA

Credit: @motogp

Advertisements