Pembalap F1 Ini Lebih Pilih Ikut Indy 500 Dibanding GP Monako

Jika Anda bertanya kepada para pembalap Formula 1, balapan apa yang paling menarik? Jawabannya bisa dipastikan balapan F1, karena itu mimpi mereka, mimpi tertinggi dalam karir balap mobilnya. Tapi, ternyata ada satu pembalap F1 yang justru lebih memilih balapan lain ketika seri F1 tengah berlangsung. Ya, pembalap ini meninggalkan salah satu seri balap F1 paling menarik yakni GP Monako dan memilih membalap di ajang Indy Car!

Pembalap tersebut adalah Fernando Alonso. Pembalap Spanyol yang pernah membela Ferrari dan saat ini tengah di bawah panji McLaren Honda.

Sebuah keputusan mengejutkan datang dari Alonso. Melalui diskusi panjang antara McLaren, Honda dan Alonso sendiri, akhirnya Alonso memutuskan untuk mengikuti ajang balap Indianapolis 500 di Amerika Serikat ketika jadwal seri F1 bersamaan dengan GP Monako. Balap Indy 500 merupakan balapan populer di Amerika dimana para pembalap akan memacu mobil yang sepintas mirip mobil-mobil F1 di sebuah lintasan oval dengan kecepatan hingga 355 km/jam.

Kalau pernah menonton Indy Car di tv berbayar, biasanya espn sport, balapan Indy Car menarik karena akan banyak insiden crash antar mobil. Jarak yang sangat berdekatan antar mobil dengan kecepatan tinggi senggol dikit efeknya sangat fatal. Dan menurut Alonso, balapan Indy Car adalah balapan paling menarik selain balap ketahanan 24 jam Le Mans dan GP Monako.

“Indy 500 adalah salah satu balapan terpopuler dalam kalender olahraga balap global, hanya Le Mans 24 Hours dan GP Monako yang dapat menandinginya. Tentu saja saya juga menyesal tidak bisa balapan di Monako tahun ini”, ungkap Alonso.
Di Indy Car nanti Alonso akan membalap di bawah bendera Andretti Autosport dengan support dari McLaren Honda.

“Saya sangat senang akan membalap pada Indy 500 tahun ini, bersama McLaren, Honda, dan Andretti Autosport,” ujar Alonso.

Alonso akan menjalani balapan pertama sepanjang karirnya di lintasan oval Indy 500 dengan mobil McLaren livery khas nan ikonik oranye.

Sebenarnya, Indy 500 tidak benar-benar berbeda dengan F1. Sebab, di periode 1950-1960 balap Indy 500 masuk dalam kalender F1. Jadi, tidak heran kalau Indy 500 menjadi balapan terpopuler di kalender Indy Car.

Lalu, siapa yang akan menggantikan Alonso di McLaren saat GP Monako nanti? Masih belum dipastikan bro. Ada nama mantan pembalap F1 Jenson Button yang dikaitkan dengan spekulasi ini. Button awal musim ini telah menyatakan pensiun dari dunia F1. Namun, kalau hanya turun satu seri saja sepertinya tidaklah berat bagi Button. Itung-itung reuni dan nostalgia dengan dunia yang telah membesarkannya itu.

Oh iya, buat brosis yang menjadi fans Alonso tidak usah kuatir. Alonso hanya sekali absen di GP Monako, usai balapan di Indy 500 Ia akan kembali lagi ke kokpit McLaren. Enak bener ya kalau pembalap sudah punya reputasi dan nama besar gitu. Keluar masuk F1 seperti terlihat sangat mudah. Padahal di luar sana ada ratusan mungkin ribuan pembalap mobil yang memimpikan berlaga di ajang sekelas Formula 1.

Semoga sukses deh buat Alonso!

-RA-

Credit: motorsport.com

Advertisements

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. Tinggalkan GP Monako Pilih Indy 500, Ternyata Ini Alasan Alonso! | rideralam.com

Comments are closed.