Penjualan MX King Turun, Tapi Bebek Super Lainnya Nyungsep… Ya Tetap Unggul!

Yamaha MX King masih belun tergoyahkan dari tahta bebek super tanah air. Oke, bebek super di sini berarti Supra GTR, Sonic 150 dan Satria F150. Distribusi Maret 2017 ini MX King mengalami penurunan, tapi semua rivalnya juga mengalami hal yang sama.

Memang, secara umum semua varian bebek super mengalami penurunan distribusi di Maret ini. Dibanding Februari atau Januari, distribusi Maret ini merupakan yang terendah. Namun, MX King masih tetap terlaris.

Di bulan Maret ini, MX King terjual sebanyak 4.361 unit berbanding 3.438 unit Sonic 150. Yup, Sonic menjadi pesaing terdekat MX King, bukan bebek super layaknya Supra GTR. Nah, bicara Supra GTR ini nasibnya makin runyam. Bayangkan, di Februari kemarin motor yang diposisikan sebagai motor turing terdistribusi masih sebanyak 603 unit, dan di Maret nyungsep hanya 110 unit nyaris 6x lipat bro.

Sedangkan Satria F150 yang sejatinya head to head dengan Sonic hanya terjual 916 unit saja, turun 2 unit dari Februari.

Seperti disinggung di atas, marketshare bebek super mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya. Tiga bulan pertama marketshare bebek super total hanya 30.942 unit, bandingkan dengan sebulannya BeAT hehehe…

Di bulan Januari distribusi bebek super berada diangka 9.182 unit, naik tinggi ke 12.935 unit di bulan Februari dan turun tajam di Maret menjadi 8.825 unit.

Apakah nasib bebek super ini akan seperti bebek-bebek pada umumnya yang terus mengalami kelesuan digempur habis-habisan oleh matik? Sulit untuk mengatakan tidak. Faktor harga yang mepet motor sport serta performa dan gengsi yang nanggung menjadi sekian faktor dari banyak faktor penghambat.

Nah, motormu di atas yang mana bro?
-RA-

Credit: warungasep.net

Advertisements