Mosok Sang Legenda Saingan Dengan Motor Murah? Tapi, Memang Begitu Adanya Saat Ini!

Ketika melihat Data AISI Maret 2017 untuk segmen sport 150 cc rasanya miris. Masih ada nama New Vixion memang di daftar itu, tapi coba tengok tepat di bawahnya, Verza 150, tepat mengekor di belakang New Vixion. Dan, perhatikan angka distribusi keduanya… itulah yang bikin hati ini trenyuh (kalau ini agak lebay sih). Maklum, RA pernah pelihara nih motor setahun lebih.

Bagaimana tidak, New Vixion ini sudah jadi legenda naked sport 150 tanah air. New Vixion, sejak awal masih gen pertama, sudah begitu menggebrak pasar roda dua tanah air khususnya segmen sport yang saat itu didominasi GL Series. Bahkan hingga beberapa tahun kemudian klan Vixion begitu mendominasi dan menjadi merk paling laris.

Pernah ketika jaman kejayaannya, distribusi New Vixion mencapai angka 35 ribuan unit dalam sebulan. Sang rival, Honda, yang begitu ngebet ingin menggulingkannya sampai menjadikan Vixion (old vixion) sebagai inspirasi desain Cb150R Streetfire gen 1. Gagal.

Honda akhirnya sadar bahwa meniru desain saja tidak cukup, perlu sedikit langkah radikal dalam menciptakan desain yang lebih agresif, hadirlah New CB150R seperri yang kita kenal saat ini. Hasilnya, sukses. Walau masih unggul di tahun 2016, namun angin mulai mengarah ke lawan. New Vixion akhirnya benar-benar lengser keprabon. Di awal tahun 2017 ini bisa dibilang adalah titik nadir perjalanan New Vixion.

Tidak lagi mampu berbicara banyak justru ketika sang rival abadi New CB150R makin berkibar, ironisnya saat ini “kelas” New Vixion bahkan harus “bersaing” dengan naked sport murah a la Verza 150 yang di awal kemunculannya hanya sebagai perusak konsentrasi konsumen saja. Data AISI Januari-Maret 2017 menjadi bukti sahih terkini bahwa Yamaha memang sudah harus bergegas menghadirkan sosok Vixion baru yang benar-benar baru agar kekalahan ini tidak semakin parah layaknya Mio series beberapa tahun silam.

Sayangnya, saat beredar spyshoot New Vixion terbaru, publik justru skeptis. Desain yang tidak banyak berubah dari New Vixion current, bahkan banyak yang bilang lebih buruk, bisa menjadi indikasi bahwa New Vixion terbaru nanti akan menghadapi pertarungan super berat, jika Yamaha masih keukeuh dengan desain vixion a la spbu itu.

Daftar Motorsport 150cc Terlaris Sepanjang Januari-Maret 2017:

  1. All New Honda CB150R 34.403 unit
  2. All New Honda CBR150R 20.672 unit
  3. Yamaha New V-Ixion 9.259 unit
  4. Honda Verza 8.056 unit
  5. Suzuki GSX-R 150 7.634 unit
  6. Yamaha YZF-R R15 5.081 unit

    See, hanya ada 1000 unit yang memisahkan popularitas New Vixion dengan Verza saat ini. Sebuah gap yang mustahil bisa kita lihat dalam beberapa tahun terakhir. Kalau ini sih bukan Verzanya yang gemilang, tapi New Vixionlah yang justru terpuruk.

    C’mon Yamaha, (tanpa bermaksud merendahkan) kelas New Vixion bukanlah dengan Verza. New CB150R itu yang harus dikejar. Okelah masih ada Aerox 155 atau All New R15, tapi dua motor itu bukanlah New Vixion. Naked sport masih menjadi primadona konsumen tanah air. Mau kejar gaya? Aerox atau R15 bolehlah dijadikan referensi, tapi kalau tujuannya kuantitas plus gaya, New Vixion harus segera dibangkitkan.

    -RA-

    Credit: kompas.com

    Advertisements

    1 Trackback / Pingback

    1. Vixion Juga Kepayahan Lawan Anak Bawang, Sedih! | rideralam.com

    Comments are closed.