Jadwal MotoGP Amerika 2017

Apakah Marquez masih mendominasi di Amerika atau Vinales melanjutkan dominasinya di awal musim ini. Itu adalah pertanyaan yang mungkin paling sering kita dengar jelang MotoGP Amerika 2017 ini. MotoGP Amerika 2017 akan segera dimulai, sebelumnya simak dulu jadwal lengkapnya berikut.

MotoGP Amerika di Circuit of the Americas (COTA), Austin Texas masih akan meneruskan tradisi 3 seri awal musim yang dilangsungkan dini hari wib. Yup, masih sama dengan GP Qatar dan GP Argentina, GP Amerika juga akan dilangsungkan dini hari wib, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para penikmat MotoGP tanah air.

Hari pertama diisi Latihan Bebas Pertama (FP1) pada hari Jumat (21/4) pukul 21.55 sampai 22.40 untuk kelas MotoGP. Kemudian dilanjutkan FP2 Sabtu (22/4) dini hari pada pukul 02.05-02.50 wib.

Sedangkan pada hari kedua, Sabtu FP3 akan dilangsungkan pada pukul 21.55-22.40 wib dilanjutkan FP4 pada Minggu (23/4) dini hari pukul 01.30-02.00. Sesi Kualifikasi pertama dan kedua (Q1 dan Q2) dilakukan beberapa saat usai FP4 yakni pukul 02.10-02.25 wib (Q1) dan pukul 02.35-02.50 wib (Q2).

Dan race akan dilangsungkan Senin (24/4) dini hari pukul 02.00 wib. Kalau di Amerika sih masih hari Minggu lho ya. Seperti disinggung di awal artikel ini, siapa pemenangnya?

Untuk di kelas para raja, Marquez tidak terkalahkan di COTA sejak tahun debutnya 2013 lalu. Manarik untuk menyaksikan kiprah sang juara bertahan di sirkuit “miliknya” ini setelah hanya finish keempat di Qatar dan gagal finish di Argentina. Menarik sebab musim ini ada Maverick Vinales yang sangat perkasa bersama Yamaha di dua seri awal. Apalagi Sirkuit COTA ini juga menjadi spesial bagi Vinales disinilah Ia pertama kali menang kelas Moto2 tahun 2014.
Jangan lupakan juga Valentino Rossi yang seolah-olah ngevoor di sesi-sesi awal, namun menghentak di saat race. Hal itu sudah ditunjukkannya di Qatar dan Argentina. Podium 3 dan 2 menjadi bukti sahih kehebatan Rossi ketika harus start dari posisi 10 dan 7.

Menarik juga untuk mengetahui sejauh apa Jorge Lorenzo membuktikan omongannya bahwa di Austin ini Ia dan Ducati akan bangkit setelah rangkaian hasil mengecewakan di dua seri awal. Kita tunggu juga performa dua Yamaha Tech 3, Johann Zarco dan Jonas Folger, apakah masih akan masuk top 10 atau mlempem. Andrea Iannone akan seperti apa dengan masalah top speed dengan Suzuki GSX-RR nya.

Di Moto2 pembalap Italia Franco Morbidelli masih menjadi unggulan untuk mencetak hattrick kemenangan usai dua kali podium tertinggi di Qatar dan Argentina. Tantangan akan muncul dari rekan setim, Alex Marquez dan Miguel Oliviera dan pembalap berpengalaman Thomas Luthi.

Joan Mir masih menjadi buruan pembalap lain di kelas Moto2. Sama halnya dengan Vinales (MotoGP) dan Morbidelli (Moto2), Mir juga meraih double kemenangan di Qatar dan Argentina. John McPhee dan Jorge Martin akan tetap muncul sebagai rival terdekat pembalap Spanyol itu. Nama lain yang turut diperhitungkan adalah Romano Fenati dan Nicolo Bulega.
So, sebelum itu semua menjadi santapan mata, ada baiknya disimpan dulu Jadwal Lengkap MotoGP Amerika 2017 ini.

-RA-
Credit: motorsport.com

Advertisements