FP3 MotoGP Amerika 2017: 8 Pembalap Crash Termasuk Marquez Dua Kali, Maverick Vinales Puncaki Sesi

Sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Amerika di Circuit of the Americas (COTA), Sabtu (22/4) menjadi parade crash banyak pembalap. Marc Marquez hingga Sam Lowes alami crash bahkan nama pertama sampai dua kali merasakan kerasnya aspal COTA. Sementara itu, Maverick Vinales sukses menjadi yang tercepat di sesi ini.

Sesi FP3 ini berlangsung dalam kondisi cuaca yang dingin akibat adanya angin dingin dibanding sesi FP2 kemarin. Alhasil, kondisi trek yang dingin membuat grip ban tidak maksimal. Inilah yang menyebabkan banyak pembalap berjatuhan. Yang terjadi selanjutnya best laptime di FP2 terasa sulit dipecahkan. Best laptime yang dibuat Marquez 2:04,061 di FP2 menjadi slit digapai.

Namun, keputusan Vinales menggunakan ban belakang slick soft di 5 menit terakhir sesi berbuah manis. Sempat naik ke posisi kedua dengan 2:04,214 waktu kombinasi tercepat, akhirnya Vibales menutup sesi dengan 2:03,979. Satu-satunya pembalap dengan laptime 2:03. Luar biasa pembalap satu ini.

Parade Pembalap Berjatuhan
Baru saja FP3 dimulai, rookie Alex Rins sudah harus terhempas di tikungan 19. Walau bisa bangkit dan berjalan namun Rins terlihat menahan tangan kirinya dengan tangan kanan. Cedera parah nampaknya dan benar saja tak lama kemudian tim medis memvonis Rins harus absen di sisa sesi MotoGP Amerika alias gak bakalan bisa membalap Minggu esok.

Alex Rins turn 19 harus absen MotoGP Amerika 2017

Kemudian, Alvaro Bautista menjadi pembalap kedua yang crash. Bautista terjatuh di tikungan dua. Beruntung rider ok dan bisa melanjutkan sesi setelah ke pit lebih dulu.

Alvaro Bautista turn 2
https://twitter.com/MotoGP/status/855799033213759489

Aleix Espargaro menambah angka menjadi 3 pembalap yang terjatuh. Kondisi rider ok dan bisa melanjutkan sesi.

Aleix Espargaro turn

Bahkan pembalap Aprilia ini harus dua kali crash. Beruntung tidak ada cedera parah dan bis melanjutkan sesi.

Aleix Espargaro

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso menjadi pembalap kesekian yang ikutan crash. Lokasi jatuhnya Dovi sama dengan tempat Bautista yakni tikungan 2. Rider ok.

Andrea Dovizioso turn 2
https://twitter.com/MotoGP/status/855800206557757440

Dan Sam Lowes, pembalap Aprilia kedua juga ikutan jatuh. Lokasi sama dengan Dovi dan Bautista. Rider ok

Sam Lowes turn 2

Pembalap Suzuki kedua yang jatuh adalah Andrea Iannone. Ian jatuh di tikungan 19. Sempat terlihat kesulitan menegakkan badannya, namun akhirnya Iannone terlihat berjalan normal menuju pit. Rider ok

Andrea Iannone turn 19

King of Austin, Marc Marquez juga tak luput dari mencium aspal COTA. Bahkan, Marquez harus dua kali crash di tikungan 18 dan 15 beberapa menit kemudian setelah dari pit akibat ban masih dingin.

Marc Marquez turn 18

Marc Marquez turn 15

Daann… pembalap terakhir yang terjatuh adalah Jorge Lorenzo. Duh dek… apes bener nasib bapak satu ini ya. Padahal sesi FP3 sudah mau kelar, pake jatoh segala pula.

Jorge Lorenzo turn 19

Heemm… sesi yang sangat menghibur ya bagi penonton tentunya, tapi jelas tidak menyenangkan bagi pembalap.

Sementara itu, Top 10 Combined Times pembalap yang akan langsung menuju Kualifikasi kedua (Q2) adalah sebagai berikut:
1. Maverick Vinales
2. Marc Marquez
3. Dani Pedrosa
4. Johann Zarco
5. Cal Crutchlow
6. Valentino Rossi
7. Andrea Dovizioso
8. Scott Redding
9. Jonas Folger
10. Andrea Iannone

-RA-

Credit: @motogp, @motoracefeed

Advertisements