Start Dari Front Row, Ini Strategi Rossi di Race Nanti

Valentino Rossi untuk pertama kalinya musim ini akan start dari front row mendampingi dua pembalap hot, Maverick Vinales dan Marc Marquez sang pole. Rossi mencoba menganalisa jalannya race Minggu (23/4) nanti akan seru untuk memperebutkan podium.

Merasa telah menemukan feeling yang tepat dengan sang tunggangan YZR-M1, Rossi optimis bisa bertarung dengan dua pembalap di depannya. Selain Marquez dan Vinales, Rossi juga siap berjibaku dengan tiga pembalap kencang di belakangnya, Andrea Dovizioso, Johann Zarco dan Jorge Lorenzo.

“Sangat penting untuk berada di barisan depan sebab inilah kualifikasi sebenarnya. Penting untuk mengetahui dimana posisi kita dalam 15 menit pertama,” ujar Rossi. “Saya merasa nyaman dengan motor dan masih bisa berkembang”.

Posisi ketiga diraih Rossi di detik-detik terakhir sesi kualifikasi. Sayang, Rossi menyebut traffic yang padat di akhir-akhir sesi membuatnya sulit untuk memperbaiki waktunya lagi.

“Saya tahu jika lintasan sepi saya bisa terus memperbaiki posisi, namun lintasan sangat padat dan sulit untuk mengatur strategi sebab kamu kehabisan waktu,” tambah Rossi. “Saya beruntung bisa berada di posisi yang bagus sesaat sebelum bendera bendera berkibar”.

Rossi kemudian mencoba membeberkan strateginya di race nanti.

“Sangat penting berada di depan. Saya akan terus buntuti Marquez dan Vinales. Mengintai dan mempelajari mereka dan kemudian menyerang jika waktunya tiba. Namun, Saya juga harus waspada dengan Johann (Zarco) dan Andrea (Dovizioso) yang mengintai tepat dari belakang,” tutup Rossi.

Yup, posisi start Rossi kali ini yang terbaik dari 3 seri awal. Di Qatar the doctor hanya start dari posisi 10, sedikit membaik di Argentina ke posisi 7. Namun, walau start kurang mulus di dua sesi awal, Rossi masih bertaji saat race. Buktinya adalah podium 3 Qatar dan 2 Argentina. Nah, kalau start dari posisi 3 nih, kira-kira di race nanti akan finish podium lagikah atau malah juara?

-RA-

Credit: motogp.com

Advertisements