Finish Kedua di Austin Cukup Bagi Rossi Puncaki Klasemen

Finish kedua sudah cukup membuat Valentino Rossi menggusur Maverick Vinales di puncak klasemen pembalap. Tambahan 20 poin plus 0 poin dari Vinales mengerek posisi Rossi ke peringkat pertama sedangkan Vinales kedua dan sang juara Austin, Marc Marquez naik ke posisi ketiga.

Sebelum MotoGP Amerika 2017, Rossi berada di peringkat kedua klasemen dengan selisih 14 poin dari Vinales yang meraup nilai sempurna 50 dari dua race. Sementara itu, Marquez dengan 13 poin hasil sekali finish keempat di Qatar.

Andrea Dovizioso menjadi pembalap Ducati tertinggi di klasemen dengan poin 30 dan nyaman di posisi keempat. Sedangkan sang partner Jorge Lorenzo masih tercecer di luar top 10 tepatnya di posisi 13 dengan 12 poin. Lorenzo sepertinya memang sudah harus melupakan perburuan gelar melihat performanya bersama Desmosedici GP17 yang tak kunjung mengkilap.

Cal Crutchlow menjadi pembalap independen tertinggi dengan 29 poin. Pembalap LCR Honda ini finish posisi keempat di Austin semalam setelah bertarung ketat dengan Johann Zarco. Penampilan Crutchlow bersama RV213V memang cenderung stabil. Tahun lalu englishman itu bahkan sukses mencuri dua kemenangan. Bisa jadi alternatif pengganti Pedrosa nih jika HRC punya niat mencari pendamping Marquez di masa depan.

Hasil cukup lumayan juga diraih dua rookie Yamaha Tech 3, Johann Zarco dan Jonas Folger. Keduanya masuk jajaran top 10 di posisi 7 dan 8 dengan 22 dan 21 poin. Penampilan Zarco mengundang decak kagum saat di Qatar dimana sempat memimpin jalannya balap selama 6 lap sebelum jatuh. Di Austin Zarco juga lumayan kencang dan sempat membuat Rossi keluar trek dan kena penalti 0,3 detik. Dibanding Zarco, Folger terlihat lebih stabil dan tenang. Buktinya pembalap Jerman ini mampu selalu meraih poin di 3 seri awal ini. Yamaha Tech 3 nampaknya tidak salah nih memilih dua gacoannya ini.

Titel juara memang masih jauh. Masih ada 15 seri lagi atau 375 poin lagi maksimal yang bisa dikumpulkan. Siapapun bisa menjadi kandidat juara. Vinales yang kencang menjadi kandidat kuat, performa makin matang dari Marquez juga tidak bisa diabaikan gitu saja dan pengalaman melimpah a la Rossi jelas masih terbuka untuk membuat segalanya menjadi cukup mudah.

So, inilah klasemen pembalap MotoGP 2017 hingga seri ketiga Austin, Texas, Amerika Serikat.

-RA-

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Blog-blog yang Membahas MotoGP Austin Texas 2017 | Mercon Motor™

Comments are closed.