Ramon Forcada: "Vinales Punya Kelemahan Yang Harus Diperbaiki"

Maverick Vinales tampil sempurna dalam dua balapan awal MotoGP musim ini. Kemenangan di Qatar dan Argentina seolah-olah menggambarkan bahwa Vinales pembalap yang luar biasa dan tidak punya kelemahan. Tapi, benarkah Vinales tidak punya kelemahan? Ramon Forcada, Crew Chief Yamaha punya jawabannya.

Di Qatar Vinales meraih pole position tanpa harus melalui kualifikasi karena memang sesi kualifikasi ditiadakan akibat cuaca buruk. Hasil latihan bebas menjadi dasar penentuan starting grid. Vinales yang tercepat di FP1 sampai FP3 berhak start terdepan. Pole Vinales akhirnya disempurnakan dengan kemenangan.

Di Argentina, Vinales juga mendominasi sesi latihan bebas namun akhirnya harus start di posisi 6 gara-gara lintasan yang basah. Namun, di race yang berakhir buruk bagi sang pole position Marc Marquez, Vinales berhasil menang lagi. Dua balapan dua kemenangan dan 50 poin. Vinales sempurna, benarkah tanpa kelemahan?

Selain kurang lihai di lintasan basah, ternyata Vinales juga punya kelemahan lain. Forcada menyebutkan Vinales masih memiliki kelemahan dalam hal start balapan, area yang perlu diperbaiki sang pembalap.

“Dia harus memperbaiki startnya, tapi itu hanya soal waktu. Dalam kualifikasi, dia harus membiasakan diri untuk mendapatkan catatan waktu pada lap pertama, bukan kedua,” terang Forcada dikutip dari motorsport (22/4).

Menurut Forcada, Vinales harus terus melatih kelemahannya itu. Sebab, start yang bagus bisa menghindarkan Ia dari masalah. Vinales disebut bisa melatih kelemahannya itu di hari Sabtu agar saat race di Minggu sudah terbiasa. Masih menurut Forcada, jika target Vinales adalah menang, maka jika Ia terjebak saat start, misalnya disalip lima pembalap, maka itu akan menyulitkan.

Wah, kalau yang nyalip itu ada nama-nama seperti Marquez dan Lorenzo (asal sedang dalam kondisi on fire) alamat bakal susah untuk dikejar tuh. Kecuali seperti di Argentina, Marquez ndlosor gitu, aman deh. Tapi masa iya selalu ngarep lawan apes, satu-satunya jalan ya memperbaiki kelemahannya itu dengan terus berlatih.

-RA-

Credit: motorsport.com

Advertisements

Comments are closed.