Kontroversi Penalti 0,3 Detik Rossi, Ini Kata Race Director MotoGP

Hukuman penalti 0,3 detik yang diberikan race director kepada Valentino Rossi di GP Austin akhir pekan lalu masih menjadi cerita panjang yang diperdebatkan. Yang pro jelas menganggap hukuman Rossi sudah setimpal bahkan tidak layak diberikan akibat kesalahan pembalap lain. Yang kontra tentu saja menganggap hukuman itu terlalu ringan dan dagelan. Lalu, bagaimana seharusnya menyikapi kasus ini?

Tentu saja jika mencari kebenaran sebenar-benarnya dari kejadian yang terjadi kita harus menanyakan kepada sang pemilik keputusan yakni Race Director alias pengawas lomba Mike Webb. Nah, apa kata Webb soal insiden Rossi vs Zarco itu.

“Bukan salah Rossi keluar dari trek. Ia tidak sengaja keluar trek karena diakibatkan pembalap lain, tapi Ia juga bertanggung jawab untuk tidak mengambil keuntungan dari itu. Dan jelas Ia mengambil keuntungan makin mendekati Marquez. Dan kami membatalkan waktunya”

Oke, clear ya. Poinnya adalah bukan salah Rossi ketika keluar trek. Rossi ambil keuntungan dari keluarnya Ia dari trek yang seharusnya tidak dilakukan.

Lalu, kenapa 0,3 detik yang terkesan nothing? Webb punya alasan untuk ini.

“Rossi keluar trek karena terpaksa. Namun Ia mengambil keuntungan dari itu. Dan waktu yang dipangkas akibat keuntungan yang diperolehnya itu yang menjadi hukuman baginya. Dan 0,3 detik adalah keuntungan yang diperoleh Rossi saat memotong trek karena tidak mengurangi kecepatannya”

Jadi, jelas sudah 0,3 detik yang sebenarnya terlihat konyol itu tidak lain adalah selisih waktu kecepatan Rossi saat ambil keuntungan dengan kecepatan yang seharusnya diperlambat. Sebenarnya hukuman 0,3 detik itu bisa tidak diberikan kepada Rossi andaikan pembalap Italia itu mau menutup gas atau memperlambat ketika memotong trek. Dengan kata lain, jika pembalap memotong trek tanpa sengaja atau terpaksa maka ketika kembali ke lintasan jarak dan posisinya harus sama dengan sebelum Ia memotong.

Untung saja hanya 0,3 detik, untung saja tidak mempengaruhi posisi akhir finish, kalau iya bisa lebih ramai lagi nih. Jadi kebayang kalau Zarco adalah Lorenzo hahahaha… (ra)

Credit: ridertua.com, motogp.com, crash.net

Advertisements

Comments are closed.