Selamat Dari Hantaman Mobil, Tidak Dari Motor… Braaak!

Hari ini RA melihat langsung sebuah kecelakaan antara sepeda motor vs sepeda motor. Kejadiannya sekitar hampir jam 11 siang tadi. Lokasi pertigaan Gedung Bhayangkara, Situbondo. Kejadiannya tepat depan RA yang tengah membonceng #MyRafif dan mamanya. Braakk

RA ini termasuk sangat jarang melihat kejadian kecelakaan lalu lintas secara langsung. Dan Alhamdulillah untuk satu itu. Tapi, siang tadi lagi apes pas, lihat langsung hiii…. Efek kecelakaannya tidak parah banget sih. Terlihat kedua korban yang kebetulan ibu-ibu yang sepertinya berusia 50 tahunan tidak terluka walau meringis kesakitan tapi masih bisa langsung duduk. No blood was there, thanks God!

Kronologinya ini yang de javu, sering melihat model pengendara motor yang begitu. Lokasi adalah perempatan. Ceritanya, ketika itu arus lalu lintas ramai, khas Jumat jelang Jumatan. RA yang dari arah barat tepat berada di belakang sebuah kijang (sepertinya LGX) silver yang memang telah memelankan kecepatannya sebab dari depan ada motor yang menyeberang dari arah timur ke utara. Kijang berada di tengah, tapi masih tidak melewati marka jalan. Sisi kiri Kijang banyak pemotor.

Nah, ketika hampir semua motor menyeberang terlihat sebuah motor bebek yang dikendarai ibu-ibu di posisi paling belakang juga menyeberang dan langsung tancap gas di depan Kijang. Near miss dengan Kijang tapi tidak dengan motor di sebelah kiri Kijang yang melaju agak kencang. Braaak… benar saja, si ibu yang di sisi kiri Kijang menghantam roda depan motor ibu-ibu penyeberang tadi. Keduanya jatuh, tapi motor yang di kiri Kijang masih melaju tak terkendali sebelum akhirnya berhenti setelah menabrak sebuah pohon di kiri jalan sekitar 3-5 meter dari tkp. Jatuh juga dan nampak kaki beliau tertindih motornya. Sedangkan ibu-ibu yang menyeberang tadi langsung terjatuh di tkp tubrukan dan terduduk meringis di aspal. Keduanya kesakitan, bisa jadi ada luka memar atau sejenisnya tapi tidak terlihat darah.

Langsung keduanya ditolong orang-orang di sana. RA sendiri terus melaju dengan agak gemetar. Kenapa tidak menolong? Sudah banyak yang membantu ibu-ibu itu, bro. Lagipula RA bawa anak kecil, takutnya dia ketakutan dan trauma melihat kejadian itu.

Poinnya adalah menyeberang atau memotong jalan dengan kondisi mobil di sisi dekat kita, harus dengan ekstra kewaspadaan. Walaupun si mobil sudah pelan atau bahkan diam, kita tidak boleh langsung gas pol melintas, ada zona bahaya di sisi kiri mobil. Pengendara dari samping tidak akan melihat apa yang tiba-tiba melintas keluar dari depan mobil. Maka, tidak ada salahnya setelah tepat di depan mobil kita tengok ke kiri atau ke kanan sisi belakang mobil untuk memastikan konsidi aman melintas. Jika tidak, cerita di atas adalah contoh nyata.

Semoga kita semua diberi keselamatan di jalan raya, tetap waspada apapun kondisi jalanan ya, bro. Sumpah, gak enak ketemu kecelakaan di jalan raya, apalagi mengalaminya sendiri. (ra)

*jangan tanya penampakan kecelakaannya ya, bro. Gak ada action cam nih…

Advertisements

6 Comments

  1. Sering nih kayak gini.
    Kadang pada gak sabar kalau ada orang nyeberang, seringnya gak kasih jalan tp malah klakson panjang.
    Tempo hari waktu nganter anak sekolah, hampir kejadian kayak gitu.
    Udah nyebrang rame² dpt setengah jalan.
    Ada mobil boks yg berhenti kasih jalan, tp dari kanan ada motor anak SMA yg nyelonong kenceng.
    Hampir nabrak yg pada nyebrang.
    Langsung dikeplak helmnya sama bapak² sebelahku yg emosi.

Comments are closed.