Formula 1: Bukan Vettel Atau Hamilton, Inilah Juara GP Rusia 2017

Ada juara baru Formula 1 musim ini. Jika di tiga seri pertama ada nama Lewis Hamilton dan Sebastian Vettel yang bergantian menang, kali ini pembalap anyar Mercedes asal Finlandia Valtteri Bottas yang mencatatkan diri sebagai pembalap ketiga yang berhasil menang. Bottas mengalahkan duo Ferrari di Sirkuit Sochi Autodrom, Rusia, Minggu (30/4).

Start dari posisi tiga di belakang Vettel (pole) dan Kimi Raikkonen, Bottas melakukan start fantastis dan langsung mengambil alih pimpinan lomba. Vettel dan Raikkonen posisi 2 dan 3 sedangkan Hamilton tetap di posisi 4.

Lap keenam, Daniel Ricciardo gagal melanjutkan lomba. Mobil Red Bull Racingnya mengeluarkan percikan api pada bagian roda depan bagian kanan yang ternyata piranti remnya terbakar.

Lap 16, Hamilton mengeluh kepada tim bahwa mobilnya overheat. Ia telah berada 12,2 detik di belakang Bottas. Sebuah gap yang menurut Hamilton di luar prediksinya.

Lap 28, Bottas sang pimpinan lomba melakukan pit stop pertama sekaligus terakhirnya. Ia keluar tepat berada di posisi 4 antara Hamilton dan Verstappen. Masuknya Bottas ke pit membuat dua mobil merah memimpin race. Vettel dan Raikkonen belum melakukan pit.

Saat duo Ferrari masuk pit, posisi Bottas kembali memimpin lomba. Sementara itu Hamilton makin jauh tertinggal.

Lap 46, Bottas tinggal mengatur ritme untuk meraih kemenangan pertamanya sepanjang karir F1-nya. Vettel terus menempel dengan harapan bisa menemukan celah melakukan overtake.

Sayang, hingga last lap (lap 52) posisi Bottas akhirnya tidak tersentuh. Bottas meraih kemenangan perdananya di F1, kemenangan kedua Mercedes musim ini setelah Hamilton melakukannya di China lalu.

Sementara itu, Ferrari harus sedikit kecewa dengan hasil ini setelah melihat dominasi mereka sejak Jumat. Tapi, Vettel tetap memimpin klasemen di depan duo Mercedes.


-RA-

Advertisements

6 Comments

Comments are closed.