Honda Masih Mendominasi, Dani Pedrosa Kembali Tercepat, Kali Ini FP2 Dinyatakan Dry Session

Sesi kedua latihan bebas Jumat (5/5) berlangsung sejak pukul 19.05 dan berdurasi 45 menit. Berbeda dengan FP1 yang dinyatakan wet session, FP2 dinyatakan dry session. Sirkuit mulai mengering tapi tidak sepenuhnya kering. Dani Pedrosa yang tercepat di FP1 ternyata kembali menjadi numero uno di FP2 ini. Wet and dry sukses ditaklukkan. Tanda-tanda Pedrosa bangkit? Bisa jadi.

Seperti di FP1, pembalap-pembalap Honda tampil dominan dengan menguasai 3 row terdepan. Pedrosa meraih laptime terbaiknya 1:39,420. Mulai mendekati rekor sirkuit yang dipegang Jorge Lorenzo 1:38,735 tahun 2015. Posisi kedua dan ketiga bertukar tempat antara Cal Crutchlow dan Jack Miller. Kali ini Miller sukses menjadi runner up menggeser Crutchlow. Miller menjadi pembalap kedua yang sukses menembus 1:39 bersama Pedrosa.

Posisi keempat masih ditempati pembalap Ducati, tapi bukan Andrea Dovizioso seperti yang terjadi di FP1 (di FP2 ini Dovi ada di posisi 8) melainkan sang pembalap anyar, Jorge Lorenzo. Yup, Lorenzo mulai nyaman sepertinya dengan Desmosedici GP17 atau karena faktor sirkuit? Maklum, ini sirkuit favoritnya nih.

Apa kabar Yamaha? Ada Maverick Vinales di tempat keenam sebagai pembalap Yamaha tercepat. Ia berada di belakang Danilo Petrucci dari Ducati. Vinales mencetak laptime 1:40,379 atau tertinggal nyaris 1 detik dari Pedrosa. Pembalap Yamaha lainnya, Valentino Rossi di tempat ke-12, Jonas Folger 13 dan Johann Zarco 15. Ketiganya mengapit Marc Marquez yang di posisi 14.

Seru nih kalau Pedrosa mulai bangkit begini. Status pembalap aliennya mulai pudar sejak kehadiran Maverick Vinales ditambah performanya yang tidak segera gemilang. Kita tunggu saja di Sabtu (6/5) esok di FP3 dan kualifikasi. Akankah Pedrosa mampu mempertahankan performanya atau kembali ‘hanya’ sebagai kambing hitam? (ra)

Advertisements