Hamilton Rebut Pole Position GP Spanyol, Vettel dan Bottas Buntuti

Lewis Hamilton raih pole position di GP Spanyol 2017

Lewis Hamilton merebut pole position di Grand Prix (GP) Formula 1 (F1) Spanyol yang digelar di Sirkuit de Catalunya, Barcelona, Sabtu (13/5). Hamilton mengalahkan Sebastian Vettel dan Valtteri Bottas di posisi kedua dan tiga.

Hamilton mendapatkan pole setelah mencatat best laptime 1:19,149 yang dibuatnya di putaran ke-12. Catatan waktunya ini lebih cepat 0,051 detik dari Vettel dan 0,224 detik dari Bottas. Ini adalah pole ke-64 sepanjang karir Hamilton hanya berjarak 1 saja dari legenda F1 Aryton Senna yang telah meraih 65 pole. Dan berjarak 4 dari Michael Schumacher (68).

Sesi Kualifikasi pertama (Q1) berlangsung tidak baik bagi Romain Grosjean, pembalap Haas F1. Grosjean mengalami spin di tikungan 13. Beruntung Ia tidak mengalami cedera apapun dan bisa melanjutkan ke Q2. Di sesi ini 5 pembalap yang tereliminasi adalah Marcus Ericsson (Sauber), Jolyon Palmer (Renault), Lance Stroll (Williams), Stoffel Vandoorne (McLaren) dan Daniil Kvyat (Toro Rosso).

Pada sesi kualifikasi kedua (Q2) pembalap yang tereliminasi adalah Kevin Magnussen (Haas), Carlos Sainz (Toro Rosso), Niko Hulkenberg (Renault), Romain Grosjean (Haas) dan Pascal Wehrlein (Sauber).

Pada sesi kualifikasi ketiga (Q3) Bottas sempat memimpin di awal-awal sebelum akhirnya Hamilton mencatat putaran terbaiknya 1:19,149 yang bertahan hingga 15 menit sesi berakhir.

1-2-3 on grid GP Spanyol

Race akan dilangsungkan Minggu (14/5) pukul 19.00 wib.

Berikut Hasil Kualifikasi GP Spanyol 2017:

(ra)

Advertisements