Perbandingan Fitur GSX-R150 dan All New R15


Motorsport 150 cc manakah yang paling seru untuk diperbandingkan? Sebenarnya ada tiga sport fairing 150 cc saat ini di pasar domestik. Ada Honda CBR150R, Suzuki GSX-R150 dan Yamaha All New R15. Namun, jika melihat spesifikasi ketiganya, GSX-R150 dan All New R15 paling bersaing ketat. CBR150R paling inferior, jadi kita bahas dua nama terakhir saja ya. CBR150R nunggu diupdate saja.

Nah, yang kita bahas bukan soal performa, kalau satu ini RA yakin sudah banyak yang membahasnya, sangat detil malah. Kita lihat dari sisi fitur aja ya. Sepertinya menarik juga ini.


GSX-R150 punya kelebihan pada pengaplikasian kunci kontak key-less system. Dengan fitur ini menghidupkan mesin motor bisa tanpa kunci, cukup dengan pencet remote. Selain itu, keunggulan GSX-R150 adalah easy start system dengan knob. Kelebihan paling menonjol adalah sisi harga yang dibanderol di bawah 30 juta Rupiah. Bahkan, keunggulan ini makin dipertajam dengan adanya harga promo potongan 2 juta menjadi 27,9 juta Rupiah OTR Jakarta.

Dari sisi All New R15, jagoan Yamaha ini boleh dibilang motorsport seribu fitur karena saking banyaknya fitur yang disematkan. Bahkan, keunggulan fitur All New R15 membuat para rival seperti berada satu level di bawahnya.


Headlight dan taillight sudah LED sehingga lebih hemat, sayang lampu sein masih bulb. All New R15 juga sudah tersedia fitur lampu hazard yang bisa digunakan saat kondisi darurat. Namun, dalam prakteknya tidak jarang lampu ini sering digunakan untuk gaya-gayaan dan arogansi. Pabrikan perlu mengedukasi konsumennya nih.

All New R15 juga sudah dibekali suspensi depan Upside Down, Swingarm model baru mirip banana. Kaki-kaki gambot dimana ban depan 110/80-17 dan ban belakang 140/70-17 yang membuat kaki-kaki All New R15 paling gambot di kelasnya. Frame masih deltabox yang menjadikan lebih mantabs saat melaju dan cornering.

Dari fitur yang kasat mata ke sektor jeroan. Ada assist & slipper clutch yang membuat kopling lebih halus dan pindah persneling juga lebih smooth. Fitur andalan yang nampaknya akan menjadi tren motor-motor Yamaha ke depan adalah fitur Variable Valve Actuation (VVA). Fitur ini dipadukan dengan mesin SOHC membuat persebaran tenaga merata hingga putaran atas. Sesuatu yang selalu menjadi kelemahan mesin SOHC konvensional selama ini. Galak di bawah, memble di atas.

Kelemahan All New R15 yang bisa menjadi pertimbangan konsumen memilih GSX-R150 adalah soal banderol. Yamaha dengan pede membanderol All New R15 34,5 juta OTR Jakarta. Yamaha nampak optimis harga itu sesuai dengan yang didapatkan konsumen dari All New R15. Ada selisih sekitar 6 jutaan dengan harga promo GSX-R150 saat ini atau jika harga GSX-R150 kembali ke normal maka masih ada gap 4 jutaan.

Sekarang, ketika pabrikan sudah memberikan banyak pilihan dengan range harga yang juga berbeda, tugas konsumenlah yang menentukan. Jadilah konsumen yang cerdas menyesuaikan keinginan dengan kondisi finansial. Kalau bisa cash, kenapa harus kredit. Kalau harga bukanlah masalah, All New R15 bisa dijadikan pilihan dengan banyak fitur kekiniannya plus performa 11-12 dengan rival, tapi jika mengharapkan motor simple gak neko-neko tapi menyimpan performa ganas, GSX-R150 bukanlah pilihan salah. (ra)

Advertisements

8 Comments

Comments are closed.