Klasemen Pembalap MotoGP 2017 Pasca Seri Kelima, Vinales Gusur Rossi

Maverick Vinales puncaki klasemen pembalap setelah seri Prancis

Klasemen Pembalap MotoGP 2017 Pasca Seri Kelima, Vinales Gusur Rossi
Drama Le Mans mewarnai hasil MotoGP 2017. Pasca hasil race yang dimenangkan Maverick Vinales itu, komposisi klasemen mengalami banyak perubahan, terutama di papan atas. Valentino Rossi yang gagal menambah poin akhirnya harus rela turun dari puncak klasemen digeser dua pembalap sekaligus.

Tipisnya selisih poin sebelum seri kelima Prancis digelar memang memungkinkan siapapun yang menang akan naik dan yang kalah atau bahkan gagal raup poin akan terjungkal. Benar saja…

Dimulai dengan Rossi yang gagal finish hanya beberapa tikungan jelang finish harus turun dua peringkat langsung ke posisi tiga. The Doctor disalip dua pembalap sekaligus yakni Vinales yang menggantikan posisinya di puncak klasemen dan Dani Pedrosa!

Yuhuu… ‘hibah’ podium di Le Mans membuat Pedrosa naik ke posisi dua klasemen dengan 68 poin unggul 6 poin dari Rossi. Sedangkan Vinales memimpin dengan 85 poin. Selain Rossi yang gagal mendulang poin, Marc Marquez juga harus menyesali nasibnya yang gagal finish dan tetap dengan 58 poin di posisi keempat.

Lompatan luar biasa dilakukan Johann Zarco. Tampil kesetanan dihadapan penggemarnya, Zarco menambah 20 poin hasil runner up dan kini hanya berjarak 3 poin saja dari Marquez alias 55 poin. Gelar Rookie of the Year sepertinya tidak akan jauh-jauh dari genggaman pembalap Prancis ini di akhir musim nanti jika performanya bisa terus konsisten.

Dengan usainya seri kelima, praktis seluruh pembalap reguler berjumlah 23 pembalap telah meraih poin seluruhnya. Pembalap terakhir yang berhasil meraup poin perdananya adalah Sam Lowes dari Aprilia. Banyaknya pembalap yang crash dan gagal finish di Le Mans membawa berkah bagi pembalap Inggris itu. Ia akhirnya bisa finish top 15 atau zona poin tepatnya di posisi 14 alias meraih 2 poin. Selamat…

Berikut Klasemen Pembalap MotoGP Pasca Seri Kelima Le Mans, Prancis:

Klik untuk memperbesar

Perjalanan masih panjang, masih ada 13 seri tersisa. Kemenangan Vinales di Prancis ini praktis hanya ada dua pembalap yang berhasil menang di lima seri awal ini. Vinales unggul dengan 3 kemenangan berbanding 2 milik Honda (1 Marquez, 1 Pedrosa).

Seri keenam akan dilangsungkan di Sirkuit Mugello, Italia 2-4 Juni mendatang.

Klasemen Pembalap MotoGP 2017 Pasca Seri Kelima, Vinales Gusur Rossi

Advertisements

1 Comment

Comments are closed.