Kimi Raikkonen Rebut Pole di Monaco, Hamilton Ke-14!

Kimi Raikkonen pole position di GP Monaco

Kimi Raikkonen Rebut Pole di Monaco, Hamilton Ke-14! Kualifikasi Formula 1 GP Monaco yang menjadi seri keenam musim ini menjadi spesial bagi pembalap Ferrari asal Finlandia, Kimi Raikkonen. Pasalnya, The Ice Man, julukan Kimi, berhasil merebut pole position setelah terakhir melakukannya tahun 2008 silam alias pole pertama dalam 9 tahun terakhir!

Kualifikasi GP Monaco diawali dengan Q1 dimana sebanyak lima pembalap harus terhenti langkahnya. Sebastian Ocon, Jolyon Palmer, Lance Stroll, Pascal Wehrlein dan Marcus Ericsson akan start dari posisi 16-20.

Di Q2, 15 pembalap bersaing selama 15 menit untuk masuk top 10 agar bisa lanjut ke Q3 untuk memperebutkan pole. Kejutan terjadi di Q2. Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton harus terhenti langkahnya di sesi ini. Hamilton hanya menempati posisi ke-14 di atas Felipe Massa yang menempati posisi 15. Di Q2 ini, selain Hamilton dan Massa, 3 pembalap lainnya juga harus terhenti langkahnya di sesi Q2 adalah Daniil Kvyat, Nico Hulkenberg dan Kevin Magnussen. Di sesi ini duo Ferrari mulai mendominasi dipimpin Kimi Raikkonen.

Lewis Hamilton gagal di Q2

Memasuki sesi Q3, 10 pembalap tercepat di Q2 akan bersaing untuk pole. Duet Ferrari, Kimi-Vettel nampak akan mendominasi melihat kecepatan dan performa mereka di Q2. Apalagi Hamilton sudah out. Dan benar saja, Q3 baru bergulir Kimi sudah memimpin diikuti Diel Ricciardo dari Red Bull dan Vettel dari Ferrari. 15 menit Q3 berjalan, akhirnya setelah menunggu 9 tahun dan 129 balapan, Kimi Raikkonen berhasil merebut pole position dan berhak start paling depan saat race besok, Minggu (28/5). Posisi kedua ditempati Vettel, Valtteri Bottas menyelamatkan muka Mercedes dengan menempati posisi ketiga.

Duo Red Bull, Max Verstappen dan Ricciardo akan start dari posisi 4 dan 5 diikuti Carlos Sainz jr., Sergio Perez, Romain Grosjean, Jenson Button dan Stoffel Vandoorne berturut-turut posisi 6 hingga 10.

Hasil kualifikasi GP Monaco 2017

GP Monaco dikenal sebagai sirkuit paling sulit bagi pembalap F1. Posisi start seringkali menjadi penentu kemenangan. Karakter trek yang sempit dan banyak tikungan dengan tembok pembatas jalan di kanan kiri menjadikan aksi overtaking terlihat minim. Namun, balapan GP Monaco tetap seru walaupun minim overtaking sebab kita akan sering menyaksikan pembalap menabrak pagar pembatas lintasan.

So, pole Kimi di Monaco tahun ini bisa saja akan menjadikan pembalap Finlandia itu sebagai pemenang. Namun, tentu saja Sebastian Vettel yang tengah bersaing ketat di klasemen pembalap dengan Hamilton tidak akan tinggal diam. Belum lagi ancaman dari Bottas yang baru saja merebut kemenangan perdananya di F1 di seri Sochi, Rusia.

Kita tunggu saja race F1 GP Monaco Minggu besok. Sayangnya, tidak ada siaran langsung dari TV Nasional kita nih. Oh iya, satu lagi GP Monaco musim ini tidak akan diikuti Fernando Alonso yang memilih membalap di Indy 500 demi ambisi kejar titel triple crown. Kimi Raikkonen Rebut Pole di Monaco, Hamilton Ke-14!

Advertisements