Ini Arti Peletakan Huruf ‘R’ Pada GSX Series, Di Depan dan Di Belakang Berbeda!

Ini Arti Peletakan Huruf ‘R’ Pada GSX Series, Di Depan dan Di Belakang Berbeda! Selama ini sering kita melihat, membaca atau mendengar berbagai produk motor Suzuki seperti GSX-R150, GSX-R750, GSX-1300R dan lain sebagainya. Penamaan-penamaan varian tersebut memiliki arti. Misalkan angka 150 pada GSX-R150 yang berarti motor tersebut memiliki kapasitas mesin 150cc. Ada satu lagi informasi yang perlu brosis ketahui yakni penamaan dan peletakan huruf ‘R’ pada GSX Series. Di depan angka dan di belakang angka beda artinya.

Ah, itu sudah tahu, info lama. Nah, itu masalahnya bro. RA baru ngeh-nya sekarang. Tidak apa-apa lah ya, siapa tahu ada yang belum tahu juga. Jadi begini…

Kita ambil contoh dua varian GSX Series yang memiliki pola penamaan mirip tapi berbeda, GSX-R150 dan GSX-1300R. Huruf R varian pertama ada di depan angka 150 dan huruf R varian kedua ada di belakang angka 1300. Apa artinya?

Artinya, R di depan angka, baik GSX-R150 maupun varian lainnya seperti GSX-R750 menandakan bahwa motor tersebut dikembangkan dari dunia balap. Atau dengan kata lain, motor tersebut motor balap. Makanya tak heran ketika GSX-R150 baru rilis langsung diikutkan balapn Suzuki Asia Challenge (SAC 2017) karena memang memiliki DNA balap. Nah, GSX-RR juga sama. Ini mah biangnya GSX ya, motor balap tulen Suzuki di MotoGP.

Lalu, bagaimana dengan huruf R di belakang angka pada GSX-1300R? Nah, kalau R nya ada di belakang begitu berarti Suzuki menciptakan si kuda besi untuk motor harian tapi masih dengan aura sporty. Makanya, GSX-1300R walaupun berkubikasi 1300cc dan masih klan GSX tapi gak akan pernah tuh digunakan di ajang balap resmi karena memang untuk harian. Beda lagi kalau trek-trek-an di jalanan ya.

O jadi begitu? Oke oke… jadi mulai sekarang menulis nama motor fairing Suzuki khususnya GSX series tidak bisa sembarangan ya, artinya akan berbeda nanti. GSX-R150 bukan GSX-150R! Ini Arti Peletakan Huruf ‘R’ Pada GSX Series, Di Depan dan Di Belakang Berbeda!

Advertisements