Suzuki Nex Baru Hadir, Lebih Elegan Tapi Desain Itu Lho…

Suzuki Nex Baru Hadir, Lebih Elegan Elegan Tapi Desain Itu Lho… Komitmen kebangkitan Suzuki tahun ini makin terlihat. Pasca sukses dengan kemunculan GSX-R150 dan GSX-S150 di segmen sport, kali ini Suzuki mulai membidik segmen gemuk, skutik. Nex, skutik lama mereka direborn dengan menawarkan warna lebih segar nan elegan.


Secara resmi memang belum dirilis, namun kemunculan sosok New Nex sudah wara-wiri di blog otomotif tanah air. Luar biasa memang fungsi blog di sini, kombinasi dengan internet rata dan super kencang informasi apapun serasa tinggal klik publish, walaupun beberapa saat sebelumnya sempat direm kemunculannya.

Dikutip dari blog dulur Jatimotoblog Motomazine.com, Selasa (6/6/17), Suzuki Nex baru secara umum tidak menawarkan sesuatu yang baru pada sisi desain masih terlihat sama dengan Nex lama. Hanya, Suzuki memberikan tema baru pada grafis dan warna New Nex yakni bernuansa elegan. Ada aura sang kakak, Address di warna baru Nex. Ada tiga warna yang ditawarkan yakni Mat Platinum Silver, Titanium Silver dan Titan Black.

Nex ini diposisikan untuk menghadapi skutik sekelas dari Honda dan Yamaha yakni BeAT dan Mio M3. Jika melihat ukurannya, ketiganya mirip walaupun sepintas Nex paling kecil (tanpa melihat data dimensi si kuda besi).


Bagaimana peluang Nex menghadapi dominannya BeAT dan larisnya Mio M3? Nah ini yang menarik. Di segmen skutik murah ini (anggap saja murah dibanding skutik lainnya) nama besar Honda BeAT sangat sulit untuk ditaklukkan. Dari sisi desain, Nex masih di bawah desain BeAT atau Mio M3. Ini penilaian subjektif RA, selera tidak akan sama tiap orang. Nex selain terlihat paling kecil juga paling cungkring. Ibarat orang pakai celana panjang, Nex ini di atas mata kaki. Desain inilah yang ikut berkontribusi terhadap mandegnya penjualan Nex lawas. Dan, entah mengapa Suzuki masih mempertahankan desain ini.

Warna yang diberikan memang elegan dan berkelas, tapi sekali lagi warna akan menjadi pertimbangan kedua setelah desain. Keeleganan warna Nex tereduksi oleh desain yang sorry to say cupu. Suzuki terlalu pede dengan desain lawas Nex. Ada yang bilang karena merknya bukan Honda, Nex jadi gak laku. Bisa jadi, tapi jika mengaca pada GSX-R150, merk Suzuki tapi bisa laris karena selain performa yang gahar, desain GSX-R150 masuk ke mindset beli konsumen. Andaikan Suzuki mau mendesain Nex dengan ramuan layaknya mendesain motorsport (maksudnya filosofinya) bukan tidak mungkin Nex akan bisa berbicara banyak. Lupakan dulu mendominasi, tapi bisa laku 10-20 ribu unit/bulan sudah merupakan prestasi bagus.


Sebenarnya Nex punya modal besar pada sisi pricing alias banderol. Dengan rumor harga di kisaran 12-13 jutaan, Nex menjadi skutik paling murah di kelasnya diantara merk Jepun lainnya. Ada selisih 3-4 juta dengan rival bukanlah gap yang kecil di kelas entry level. Ini sebenarnya modal bagus untuk bersaing. Jika di sport selain harga ada juga performa yang diandalkan, di skutik ini performa tidak bisa dijadikan poin sebab memang 11-12 lah dengan yang lain. Tinggal kita lihat fitur apa saja yang disematkan Suzuki di Nex ini. Sebab, dengan desain yang begitu-begitu saja, fitur bisa menjadi sedikit angin segar agar bisa dilirik konsumen.

Semoga ada keajaiban sehingga Nex ini menjadi laris manis diburu konsumen jelang lebaran ini. Suzuki Nex Baru Hadir, Lebih Elegan Elegan Tapi Desain Itu Lho…

Advertisements