Bulan Ini Tahun Lalu Sam Lowes Lakoni Debut, Sekarang Terancam Ditendang Tim!

Bulan Ini Tahun Lalu Sam Lowes Lakoni Debut, Sekarang Terancam Ditendang Tim! MotoGP mania, ada sedikit kabar kurang menyenangkan dari salah pembalap Aprilia, Sam Lowes. Rookie asal Inggris tersebut dikabarkan sudah diultimatum tim asal Italia itu untuk segera meningkatkan performa di atas RS-GP hingga akhir musim atau bakalan ditendang dari tim.


Laman Motorsport, Jumat (16/6/17) telah mendapatkan konfirmasi kebenaran informasi tersebut dari Aprilia. Bahkan, kabarnya tim tersebut sudah berbicara dengan pembalap lain untuk menggantikan posisi Lowes. Namun, mereka masih memberikan batas waktu hingga akhir musim ini kepada Lowes untuk memperbaiki penampilannya.

“Sangat jelas, kami melakukan investasi besar dengan Sam. Sebagai pendukung pertamanya, kami sangat berharap dia bisa segera menunjukkan beberapa perbaikan,” ucap Romano Albesiano, Racing Manager Aprilia seperti dikutip dari Kompas, Jumat (16/6/17).

Sam Lowes dikontrak hingga musim 2018 oleh Aprilia. Tapi, performa buruknya membuat manajemen Aprilia tengah mempertimbangkan untuk menggantikan posisinya. Dari tujuh seri awal musim ini, Lowes hanya berada di posisi 24 dengan 2 poin. Terburuk diantara tiga rookie lainnya yakni Alex Rins posisi 21, 7 poin; Jonas Folger P8 – 51p dan Johann Zarco P6 – 75p.


Posisi terbaik Lowes dari tujuh balapan awal adalah finish ke-14 di Le Mans itupun terbantu banyaknya pembalap lain yang tidak finish. Di Le Mans dari 23 pembalap hanya 15 pembalap yang bertahan hingga finish. Di kualifikasi, prestasi terbaik Lowes hanya di posisi 20 di MotoGP Amerika. Pantas saja Aprilia gusar. Apalagi rekan setimnya, Aleix Espargaro sudah berhasil mengumpulkan 17 poin dan berada di posisi 18.

Berikut Hasil Kualifikasi dan Race Sam Lowes dalam 7 seri awal MotoGP musim ini:

MotoGP Qatar
Kualifikasi (Q) : 21
Race (R) : 18

MotoGP Argentina
Q : 22
R : DNF

MotoGP Amerika
Q : 20
R : DNF

MotoGP Spanyol
Q : 22
R : 16

MotoGP Prancis
Q : 21
R : 14 (2 poin)

MotoGP Italia
Q : 22
R : 19

MotoGP Catalunya
Q : 21
R : 19

Respon Aleix Espargaro Mengejutkan

Namun, respon cukup mengejutkan datang dari Aleix Espargaro. Pembalap Spanyol yang juga baru bergabung ke Aprilia bersamaan dengan Lowes itu marah dengan perlakuan timnya. Aleix berpendapat Aprilia tidak menghargai Lowes.

Aleix berpendapat spekulasi masa depan pembalap sebaiknya tidak dibicarakan di pertengahan musim seperti saat ini, namun sebaiknya di akhir musim pasca seri Valencia. Apalagi kontraknya masih hingga 2018.

Sam Lowes menempati posisi lima klasemen akhir Moto2 musim lalu dengan 175 poin di bawah sang juara Johann Zarco, Thomas Luthi, Alex Rins dan Franco Morbidelli. Pembalap Federal Oil Gresini Moto2 itu mengoleksi 3 kemenangan di seri Spanyol, Italia dan Aragon. Performa tersebut membuat Aprilia tertarik menariknya ke dalam tim mereka di MotoGP bersama Aleix Espargaro yang saat itu dibuang Suzuki.


Ironis memang nasib Lowes. Bulan Juni ini setahun lalu Lowes tengah berbunga-bunga ketika mendapat kesempatan debut dengan motor MotoGP Aprilia RS-GP di Asden, Belanda. Namun, setahun kemudian justru tengah ketar-ketir diancam timnya untuk digantikan pembalap lain. Bulan Ini Tahun Lalu Sam Lowes Lakoni Debut, Sekarang Terancam Ditendang Tim!

Advertisements

1 Trackback / Pingback

  1. Andrea Iannone Gantikan Sam Lowes di Aprilia? | rideralam.com

Comments are closed.