Yamaha XMax 250 Jadi Armada Ojol, Meng-entrylevel-kan Motor Premium!

Yamaha XMax 250 Jadi Armada Ojol, Meng-entrylevel-kan Motor Premium! Lagi viral foto sebuah maxi skutik seperempat liter dari pabrikan garputala, XMax 250, di salah satu tuas jalan di Jakarta. Bukan sedang test ride sebab XMax 250 memang sudah lama dilaunching dan bahkan sudah didistribusikan ke konsumen, nelainkan digunakan sebagai armada ojol alias ojek online dan tengah mengangkut penumpang. Sontak, gambar yang telah banyak beredar di media sosial itu booming dan mengundang banyak reaksi dari warganet.

Menarik sebab, biasanya armada ojol ini sekelas motor seharga belasan atau mentok di duapuluhan juta. Paling banter NMax. Kalaupun ada diatasnya paling hanya ekceptional case saja. Lha ini motor 250 cc seharga 50 jutaan Rupiah yang dijadikan armada. Apa gak sayang tuh?

Bicara persaingan ojol, jelas di Jakarta dan banyak daerah lainnya saat ini tengah ketat-ketatnya. Otomatis, selain posisi yang menguntungkan jenis armada yang digunakan juga akan menjadi pertimbangan pelanggan penggunanya. Nah, dengan menggunakan XMax, maka para pelanggan akan penasaran mencoba sensasinya, singkat kata akan mengundang ketertarikan calon pelanggan untuk mencobanya. Rejeki mengalir. Kasus yang sama ketika motor fairing digunakan jualan sayur oleh blogger asal Papua, bakulkangkungjpr1 a.k.a mas sayur, rekan di Jatimotoblog.

Bicara soal sayang tidaknya menggunakan motor mahal untuk ojol, justru yang begini ini visi ke depan si pemilik patut diapresiasi. Membeli motor mahal dengan pengeluaran rutin tiap minggu untuk bbm atau tiap bulan untuk ganti oli dan spare part, tentu saja akan merugi jika dipakai kesana-kemari hanya untuk ngukur jalan. Dengan dipakai untuk ojol, ada pemasukan. Minimal biaya bensin dan oli bisa dicover dari sana. Cerdas…

Berikutnya, semakin banyak motor-motor kapasitas besar diperlakukan seperti motor entry level menunjukkan bahwa arah market motor di tanah air semakin berkembang. Banyak yang mendambakan motor gede masuk ke Indonesia dan menjamur di jalanan sehingga akan menjadi motor biasa dengan harga terjangkau, maka menjadikan maxi skutik sebagai armada ojol adalah salah satu jalan menuju ke sana. Bandingkan di negara-negara maju motor sekelas 250 cc hanya sebagai motor entry level, di sini masih masuk motor mewah. Nah, kesan itu akan semakin pudar jika banyak motor gede yang berfungsi sebagai motor entry level.

Jadi, dalam beberapa tahun ke depan RA berharap tidak hanya seekor XMax yang terlihat menjadi armada ojol, tapi ratusan bahkan ribuan lainnya menyusul. Menarik bukan jika brosis pesan ojol, yang datang PCX misalnya atau TMax atau Harley Davidson misalnya atau motor gede lainnya. Yamaha XMax 250 Jadi Armada Ojol, Meng-entrylevel-kan Motor Premium!

Advertisements

2 Comments

  1. Di satu sisi motor ginian gak murah, jelas yg beli sdkt banyaknya karena pride.. Dgn dijadiin ojol keknya sedikit terluka sih pridenya..

    Kurleb gini, gw keluarin duit 55jt buat disayang n dijadiin gengsi juga.. Lah tukang ojol enak banget dijadiin motor dinas kekekee.. Udah setara beat ama mio aja..
    Bener gak sih

    • Dari sudut pandang berbeda akan menghasilkan opini berbeda. No problem sih mau seperti apa melihatnya

Comments are closed.